Pilpres 2019

Moeldoko: Presiden Jokowi Blusukan Ke Kampung Nelayan Tetap dengan Pengamanan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan blusukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kampung nelayan di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah

Moeldoko: Presiden Jokowi Blusukan Ke Kampung Nelayan Tetap dengan Pengamanan
Kompas.com
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat ditemui di sela-sela acara halalbihalal, di rumah dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2018).(KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan blusukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kampung nelayan di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, tetap mendapatkan pengawalan dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Namun, pengamanan tersebut dilakukan secara diam-diam tanpa sepengetahuan Jokowi. Hal itu dilakukan demi keamanan seorang kepala negara. 

"Beliau ingin memahami sebetulnya apa yang terjadi, dari aspek yang lain kan pasti sudah diperhitungkan. Kesatuan pengamanan ditanam sebelumnya oleh Danpaspampres," ujar Moeldoko di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Menurut Moeldoko, Paspampres tidak ingin mengambil risiko jika Presiden dibiarkan jalan sendiri tanpa pengawalan. Sehingga, pengawalan tetap ada meski tidak diketahui Presiden.

"Intinya beliau ingin datang ke sana, tidak dalam konteks rombongan. Biasanya dalam konteks yang lebih protokoler," papar Moeldoko.

Pergi ke Pinggir Laut Hanya Berdua dengan Sopir, Pak RW Ungkap yang Dilakukan Jokowi Tengah Malam

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, tujuan Jokowi blusukan ke suatu tempat dan bertemu warga, hanya untuk mencari jawaban yang dihadapi masyarakatnya saat ini dan tidak ada maksud selain itu.

"Pemimpin itu kan punya naluri, beliau ingin memahami sesungguhnya. Melihat, mendengar, ingin memahami apa si yang sesungguhnya terjadi," ucap Moeldoko.

Dalam debat kedua Pilpres 2019, Jokowi bercerita bahwa dirinya menemui nelayan di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, tengah malam pada 2 Februari 2019.

"Saya hampir setiap minggu, setiap bulan, ketemu nelayan, ke kampung nelayan. Bisa ditanya ke nelayan di Tambaklorok Semarang. Jam 12 malam, tengah malam saya berdua dengan sopir, berdua saja ke sana, memastikan, bagaimana kondisi nelayan," papar Jokowi dalam debat. 

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved