Harga Logam Mulia Kembali Merosot

Harga emas makin suram. Logam mulia ini mencatat penurunan harga dalam tujuh hari perdagangan berturut-turut.

Harga Logam Mulia Kembali Merosot
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Teller bank syariah menunjukkan emas batangan seberat 100 gram di Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2014). Harga jual emas batangan ritel di Tanah Air melonjak Rp8.000 pada hari terakhir perdagangan pekan ini berdasarkan acuan harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) untuk Jakarta. Daftar harga emas BUMN tambang tersebut pukul 08.27 WIB menyebutkan harga jual emas batangan tetap dipatok pada level Rp500.600-Rp540.000. Level harga Rp500.600 untuk penjualan emas batangan berukuran 500 gram, sedangkan Rp540.000 untuk emas berukuran 1 gram. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Harga emas makin suram. Logam mulia ini mencatat penurunan harga dalam tujuh hari perdagangan berturut-turut.

Pada hari ini, Selasa (5/3/2019) pukul 8.13 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1.287,40 per ons troi, turun tipis dari posisi kemarin pada US$ 1.287,50 per ons troi.

Harga emas hari ini cenderung masih mencari arah dengan beberapa kali menguat ke zona hijau. "Minat risiko menjadi penyebab penurunan harga emas," kata Carsten Menke, analis Julius Baer kepada Reuters.

Dia menambahkan bahwa setelah tembus ke bawah US$ 1.300 per ons troi pada akhir pekan lalu, penurunan harga emas sulit ditahan. Apalagi Amerika Serikat (AS) dan China ditengarai bisa meneken kesepakatan dagang pada 27 Maret mendatang.

Namun nilai tukar dollar AS masih berada dalam fase konsolidasi. Indeks dollar yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia cenderung bergerak tipis di sekitar 96,6 sejak akhir pekan lalu.

Analis Commerzbank mengatakan, harga emas bisa turun lagi jika data tenaga kerja AS yang akan dirilis akhir pekan menunjukkan perbaikan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Harga Emas Kembali Merosot

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved