Mau Liburan ke Bali? Sebaiknya Bawa Kantong Belanja Sendiri

Di Badung toko-toko tak hanya sekadar membatasi penggunaan plastik dengan menerapkan plastik berbayar, namun sama sekali tak menyediakan plastik.

Mau Liburan ke Bali? Sebaiknya Bawa Kantong Belanja Sendiri
Pixabay.com
Ilustrasi kantong plastik berbayar 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- “Ini belanjaannya ya, maaf tidak ada kantong plastik,” ujar seorang kasir di salah satu swalayan di Legian, Kuta, Badung Bali kepada Kompas.com.

Ternyata, di Badung toko-toko tak hanya sekadar membatasi penggunaan kantong plastik dengan menerapkan plastik berbayar, namun sama sekali tak menyediakan plastik.

“Waktu itu masih plastik berbayar. Tapi mulai awal Januari (2019) kemarin kami sudah tidak menggunakan sama sekali. Ada petugas Kabupaten yang sering operasi. Kalau kami menyediakan plastik pasti diberi teguran,” lanjutnya.

Menurutnya, tak semua wisatawan yang berkunjung ke Bali dapat langsung menerima kebijakan ini.

“Waktu itu pernah ada ibu-ibu marah-marah karena kami tidak menyediakan plastik padahal belanjaannya cukup banyak. Tapi kami memang benar-benar tidak boleh menyediakan, wisatawan seharusnya membawa kantong sendiri yang bahannya bukan plastik,” tuturnya.

Tak hanya di swalayan tersebut, di toko-toko souvenir di sepanjang Jalan Kuta, Badung, Bali pun tak tersedia plastik untuk pembeli.

Hari Pertama Larangan Kantong Plastik di Kota Bogor, Imbauan di Mini Market Pasir Kuda Tak Berlaku

Sebuah kertas berisi pengumuman tak tersedianya plastik ini terempel di salah satu dinding toko.

Demikian isinya:

“Mohon maaf.

Sehubungan dengan Peraturan Bupati Badung Nomor 36 tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan plastik, maka mulai tanggal 1 Januari 2019.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved