Sejarah Isra Miraj 27 Rajab: Awal Mula Perintah Salat, dari 50 Waktu Jadi 5 Waktu

Peristiwa Isra Miraj ini berkaitan dengan pelaksanaan salat 5 waktu yang tadinya berjumlah 50 waktu diperintahkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW

Sejarah Isra Miraj 27 Rajab: Awal Mula Perintah Salat, dari 50 Waktu Jadi 5 Waktu
ist
ilustrasi Isra Miraj 

Kisah Isra Miraj 27 Rajab: Awal Mula Perintah Salat, dari 50 Waktu Jadi 5 Waktu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Momen Isra Miraj Nabi Muhammad SAW tanggal 27 Rajab ini akan bertepatan pada tanggal 3 April 2019 mendatang.

Ada banyak kisah mengenai peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, terutama soal asal usul perintah salat 5 waktu, yakni Zuhur, Ashar, Magrib, Isya dan Subuh.

Pengertian Isra Miraj

Dilansir TribunnewsBogor.com dari muslim.or.id, Isra secara bahasa berasal dari kata ‘saro’ bermakna perjalanan di malam hari.

Adapun secara istilah, Isra adalah perjalanan Rasulullah SAW bersama Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina) berdasarkan firman Allah SWT :

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha “ (Al Isra’:1)

Miraj secara bahasa adalah suatu alat yang dipakai untuk naik.

Adapun secara istilah, Miraj bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk naik dari bumi menuju ke atas langit, berdasarkan firman Allah dalam surat An Najm ayat 1-18.

Halaman
1234
Penulis: Uyun
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved