Ini Penjelasan Kemendagri Soal Polemik Pengangkatan Calon Dirut RSUD Kota Bogor yang Baru

dalam aturannya, pengangkatan Dirut RSUD Kota Bogor sebenarnya boleh berasal dari kalangan non ASN, atau profesional.

Ini Penjelasan Kemendagri Soal Polemik Pengangkatan Calon Dirut RSUD Kota Bogor yang Baru
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
RSUD Kota Bogor 

TRIBUNNEWBOGOR.COM - Direktur utama RSUD Kota Bogor Dewi Basmala pada 4 Mei mendatang akan habis masa jabatannya.

Dalam waktu dekat Wali Kota Bogor akan menetapkan panitia seleksi terhadap Dirut RSUD Kota Bogor yang baru.

Namun beberapa pernyataan Bima Arya menginginkan Dirut RSUD dipimpin dari kalangan ASN.

Sementara dalam aturannya, pengangkatan Dirut RSUD Kota Bogor sebenarnya boleh berasal dari kalangan non ASN, atau profesional.

Kepala Seksi BLUD Wilayah 1, Direktorat BUMD, BLUD dan BMD, Ditjen Bina Keuda, Kemendagri, Wisnu Saputra mengatakan pada prinsipnya BLUD dalam hal ini RSUD Kota Bogor dapat mengangkat pejabat pengelola dan pegawai diluar ASN dari profesional.

Hal itu tertuang dalam pasal 4 Permendagri no 79 tahun 2018.

"Pengangkatan dari kalangan profesional harus sesuai kebutuhan, profesionalitas, kemampuan keuangan dan prinsip efisiensi, ekonomis, produktif dalam meningkatkan layanan hal ini sesuai ayat 6," katanya.

Sedangkan pada pasal 4, kata Wisnu, menjelaskan pengaturannya harus secara tegas dan jelas terhadap pejabat pengelola dan pegawai dari profesional lainnya .

Sementara Esensi dari pasal 10 ayat (4), jika direktur dari profesional lainnya (non ASN), maka pejabat keuangan (ditunjuk wadir yang mengelola keuangan sebagai PA/KPA) termasuk bendahara pengeluaran atau penerimaan karena PNS.

Wisnu menambahkan dasar hukum BLUD berdasarkn UU 1/2004 pasal 68-69, UU 23/2014 pasal 346, PP 23/2004 diubah dengan PP 74/2012, PMDN 61/2007 diganti dengan PMDN no 79/2018.

" Esensi dari aturan tersebut bahwa instansi pemerintah dan pemda diberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari pengelolaan daerah pada umumnya, diamankan salah satu fleksibilitas tersebut adalah SDM BLUD," pungkas Wisnu.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved