Hadiri Seninar Soal Sampah, KMMI Harap Mesin Pengolahan Sampah Bisa Didemonstrasikan Di Jakarta

Chairum menambahkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Sumatera Barat karena kawasan tersebut memiliki potensi untuk dilakukan pengolahan sampah.

Hadiri Seninar Soal Sampah, KMMI Harap Mesin Pengolahan Sampah Bisa Didemonstrasikan Di Jakarta
dokumentasi KMMI usai seminar
Kesatuan Masyarakat Madani Indonesia (KMMI) hadiri seminar pemanfaatan pengolahan sampah di Lingkuang Aula, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR - Kesatuan Masyarakat Madani Indonesia ( KMMI) hadiri seminar pemanfaatan pengolahan sampah di Lingkuang Aula, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat.

Ketum KMMI Chairum Rahmi menuturkan bahwa kegiatan yang diadakan beberapa waktu lalu itu bertema pemanfaatan biomassa dan sampah untuk peningkatan daya saing pertanian

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementrian Pertanian itu dihadiri oleh Staf Ahli Kementrian Pertanian Bidang Pengembangan Bio Industri Bambang dan Ir shenny Mohd Noor sebagai pembicara.

"Iya beliau (Shenny Mohd Noor) itu yang menciptakan mesin pengelola sampah dari limbah apapun bisa di hancurkan dan bisa dipisah-pisahkan sesuai kebutuhan," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (14/4/2019).

Chairum menuturkan Ishenny yang sudah 20 tahun menjadi dosen di Universitas Malaysia dan juga beberapa negara di Eropa serta Amerika itu menciptakan mesin tersebut untuk membantu dalam pengolahan sampah.

Ia pun berharap mesin itu bisa dimiliki oleh setiap daerah.

"KMMI dalam hal ini sangat antusias dan berharap mesin ini bisa dipunyai disetiap kelurahan, jadi, dengan mesin yg berkapasitas 5 ton per 24 jam dapat menghancurkan sampah yang bertumpuk dan hasilnya bisa berupa pupuk organik, sebagai pengganti pestisida," katanya.

Chairum menambahkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Sumatera Barat karena kawasan tersebut memiliki potensi untuk dilakukan pengolahan sampah.

Namun meski demikian, menurutnya tidak menutup kemungkinan jika alat atau mesin tersebut dicoba di DKI Jakarta.

"Kalau dari KMMI berharao alat atau mesin itu juga bisa di demontrasikan juga di Jakarta, ya mudah-mudahan pencipta mesin karbon shenny ini bisa mengundang GubernurDKI Anis Baswedan untuk demo alat ini di Bantargebang dalam wktu dekat," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved