Sambut Hari Kartini, LIPI Adakan Diskusi Publik Kartini Indonesia dan Ilmu Pengetahuan

LIPI memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perempuan untuk berkarya dan berkontribusi bagi bangsa lewat ilmu pengetahuan.

Sambut Hari Kartini, LIPI Adakan Diskusi Publik Kartini Indonesia dan Ilmu Pengetahuan
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
diskusi LIPI 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Menyambut hari Kartini pada 21 April nanti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan diskusi publik dengan tema Katini Indonesia dan Ilmu Pengetahuan, Kamis (18/4/2019).

Pada acara yang diadakan di Gedung Munasains Jalan Ir H Djuanda, Kota Bogor itu LIPI menghadirkan sosok perempuan yang konsisten berkarya dan berprestasi di bidangnya.

Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan bahwa Kartini Indonesia untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan pada Peringatan Hari Kartini adalah momentum tepat untuk mengingat kembali kontribusi perempuan dalam berbagai bidang kehidupan.

Terlebih dalam ranah sains, para peneliti perempuan diharapkan berkontribusi melaluil riset-riset yang solutif serta mengembangkan pengetahuan untuk kelangsungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat luas.

Selain itu LIPI terus mendorong para perempuan menjadi agen perubahan bagi dunia ilmu pengetahuan dan riset di Indonesia.

“Selain menjadi peringatan atas jasa R.A. Kartini, momentum Hari Kartini juga menegaskan kembali kiprah nyata peran perempuan masa kini dalam mengarusutamakan ilmu pengetahuan bagi masyarakat dan bangsa serta peran sebagai istri dan ibu,” katanya.

Nur menjelaskan, LIPI memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perempuan untuk berkarya dan berkontribusi bagi bangsa lewat ilmu pengetahuan.

Dalam Kegiatan diskusi publik turut hadir Kartini-Kartini LIPI yang karyanya menginspirasi para
perempuan Indonesia untuk maju dan mengambil peran penting dalam ilmu pengetahuan diantaranya adalah Myrtha Karina Sancoyorini Profesor Riset yang merupakan peneliti Loka.

Myrtha menjelaskan bahwa Penelitian Teknologi Bersih LIPI ini mengkaji lignoselulosa untuk bahan yang ramah lingkungan, salah satunya bioplastik dari limbah fermentasi air kelapa.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved