Dalam Waktu Tiga Tahun, Bima Arya Targetkan Kawasan Pasar Bogor dan Jalan Suryakencana Akan Berubah

Nantinya penataan kawasan Pasar Bogor, Plaza Bogor dan Jalan Suryakancana akan diperbaiki dari segi infrastrukturnya.

Dalam Waktu Tiga Tahun, Bima Arya Targetkan Kawasan Pasar Bogor dan Jalan Suryakencana Akan Berubah
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Jalan Suryakencana Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menargetkan kawasan Pasar Bogor dan Jalan Suryakancana akan berubah wujud dalam tiga tahun mendatang.

"Kita targetkan dalam waktu tiga tahun kawasan ini sudah akan berubah wajahnya dan tidak saja hanya lebih bersih dan rapih, yang paling utama adalah memberikan pada yang signifikasn sehingga kita bisa mensejahterakan warga lebih maksimal lagi," kata Bima beberapa waktu lalu saat sidang paripurna,"

Nantinya penataan kawasan Pasar Bogor, Plaza Bogor dan Jalan Suryakancana akan diperbaiki dari segi infrastrukturnya.

Bangunan-bangunan lawas di Pasar Bogor dan Plaza Bogor pun akan di renovasi.

Namun sebelum melakukan renovasi, nantinya para pedagang akan dilakukan relokasi terlebih dahulu.

"Perlu saya sampaikan prinsip utama kita bukan penggusuran, prinsip utama kita tidak akan menyingkirkan pedagang yang ada adalah relokasi, sering saya menerima pertanyaan dari masyarakat dan dari pedagang kami akan digusur kemana, saya katakan satu orang pun akan saya pikirkan, semua baik PKL di Suryakancana, maupun pedagang basah, pedagang kering, pedagang emas dan sebagainya itu akan kita pikirkan," kata Bima.

Untuk itu selain perencanaan yang akurat persipan sebelum dilakukan renovasi pun harus matang.

Artinya pasar atau lokasi-lokasi yang dipilih menjadi tempat relokasi pun harus siap menampung para pedagang Pasar Bogor, Plaza Bogor dan Suryakancana sebelum dilakukan renovasi.

"Nah disinilah dibutuhkan sekema yang akurat kalau pasar Bogor akan dibongkar pindahnya kemana dulu nah ini kemudian akan dibarengi dengan konsekuensi penataan pasar-pasar yang lain, Pasar Cunpok, Pasar Gembrong, Pasar TU, Pasar Jambu Sua misalnya jadi ini program utama kita yang ada konsekuensinya dengan yang lain," jelaanya.

Mengenai pendanaan Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan dananya nanti akan bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan investor.

Nantinya dana tersebut akan digunakan untuk membangun Park and Ride.

"Kalau saya hitung pasar Bogor akan kita tata paling cepat itu tahun depan, kenapa? Karena harus kita pastikan penampungannya siap dulu, Nah untuk pendanaannya tidak mungkin hanya dana dari kita karena itu sumber dananya adalah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta yang kita sudah punya kerjasama untuk membangun park and ride dan kita akan buka juga untuk investor," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved