Ramadan 2019

2 Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Suci Ramadhan, Supaya Makin Berkah Puasanya

Bulan Ramadhan juga disebut sebagai Syahrus Siyam karena di bulan ini dilatih diri untuk melaksanakan ibadah kepada Allah.

2 Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Suci Ramadhan, Supaya Makin Berkah Puasanya
Pixabay.com
Ilustrasi membaca al quran 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.

Bulan Ramadhan disebut juga sebagai Syahrul Qur'an, karena pada bulan Ramadhan diturunkan Al Quran.

Bulan Ramadhan juga disebut sebagai Syahrus Siyam karena di bulan ini dilatih diri untuk melaksanakan ibadah kepada Allah.

Bulan Ramadhan juga disebut Syarul Rahmah karena di bulan ini Allah melimpahkan banyak sekali rahmatnya.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan di antaranya adalah banyak membaca Al Quran dan melakukan i'tikaf di masjid.

Ketua DKM Masjid Raya Ahmad Fathoni mengatakan, untuk bisa terus mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk banyak membaca Al Quran.

"Membaca Al Quran saat Ramadhan sangat dianjurkan karena bisa mendapatkan pahala yang melimpah, bahkan walaupun hanya mendengar orang yang sedang membaca Al Quran, kita juga seperi telah ikut membaca Al-Quran," katanya kepada TribunnewsBogor.com beberapa waktu lalu.

Selain banyak membaca Al Quarn, di bulan puasa ini banyak amalan lainnya yang bisa dilakukan yakni di antaranya adalah banyak membacar istigfar dan kalimat-kalimat Allah.

Tidak hanya itu, pada bulan suci Ramadhan kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan iman dan taqwa adalah dengan melaksanakan i'tikaf.

Fathoni mengatakan i’tikaf tidak hanya serta-merta berdiam saja tanpa melakukan apapun.

"Sesuai dengan tujuan i’tikaf untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka orang beri’tikaf itu mengisinya dengan amal ibadah, amalan-amalan seperti shalat sunnat, membaca Al Quran, bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir, istighfar, shalawat Nabi, serta memperbanyak doa," ucapnya.(*)

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved