Pemilu 2019

Besok, KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara 5 Provinsi

Arief mengatakan, KPU Provinsi Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) baru akan tiba di Jakarta pada Minggu malam

Besok, KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara 5 Provinsi
TribunnewsBogor.com/Aris Prasetyo Febri
Arief Budiman, Ketua KPU Republik Indonesia, saat kunjungan ke Kantor KPUD Kota Bogor, Minggu (4/3/2018). 

TRIBBUNNEWSBOGOR.COM -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) akan kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil pemilu 2019, Minggu (12/5/2019).

Rencananya, rekapitulasi digelar dengan membacakan hasil rekapitulasi lima provinsi.

"Yang sudah konfirm Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2019).

Arief mengatakan, KPU Provinsi Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) baru akan tiba di Jakarta pada Minggu malam.

Oleh karenanya, rekapitulasi kedua provinsi tersebut dilakukan hanya jika waktunya memungkinkan. Rencananya, rekapitulasi digelar siang hari.

"Karena provinsi yang masuk juga masih terbatas, maka besok kita akan memulai rapat pleno terbuka ini pukul 13.00 WIB," kata Arief.

 Hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil pemilu 2019 yang digelar KPU Jumat hingga Sabtu ini menghasilkan penetapan hasil rekapitulasi lima provinsi, yaitu Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo.

Proses rekapitulasi ini dilakukan secara manual dan berjenjang, dari tingkat kecamatan, ke kabupaten, dilanjutkan ke provinsi, dan terakhir di nasional.

Ditargetkan, proses rekapitulasi nasional selesai paling lambat 22 Mei 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Minggu Besok, KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara 5 Provinsi"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved