Tahun 2018, Dari 1.400 Penyandang Disabilitas Indonesia, 700 Diantaranya Diserap Oleh Industri

pada tahun 2018 lalu dari 1.400 orang penyandang disabilitas, separuh di antaranya diterima oleh perusahaan industri.

Tahun 2018, Dari 1.400 Penyandang Disabilitas Indonesia, 700 Diantaranya Diserap Oleh Industri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita di cibinong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang menilai bahwa keberadaan para penyandang disabilitas lulusan Balai Besar Rehabilitasi Sosial cukup membanggakan.

Agus Gumiwang mengatakan bahwa pada tahun 2018 lalu dari 1.400 orang penyandang disabilitas, separuh di antaranya diterima oleh perusahaan industri.

"Secara persentasi cukup membanggakan, tahun 2018 dari sekitar 1.400, sekitar 700 diserap langsung kepada industri," kata Agus saat ditemui TribunnewsBogor.com, ketika berkunjung ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Fisik Cibinong, Bogor, Rabu (15/5/2019).

Sementara sisanya, kata Agus Gumiwang, memilih untuk mandiri membuka usaha masing-masing.

Dia mengaku kini pihaknya tengah mendorong untuk bisa menyiapkan modal bagi penyandang disabilitas yang ingin memulai usahanya di bidang apapun.

Untuk perorangan, kata dia bisa diberi modal dana hibah sebesar Rp 5 juta, sedangkan kelompok sebesar Rp 20 juta.

Demi memperbanyak penyandang disabilitas lulusan balai besar rehabilitasi sosial, pihaknya juga tengah merancang silabus yang lebih padat.

"Sekarang kami sedang susun, semakin cepat mereka bisa lulus dari program kami di sini, maka semakin cepat pula calon penerima manfaat yang belum terakomodir bisa masuk ke program ini. Jadi ini kan ada keterbatasan dari infrastruktur, penganggaran dan sebagainya, jadi yang bisa kami lakukan itu adalah programnya kami percepat, kami padatkan, sehingga begitu mereka ada yang lulus, begitu juga mereka yang baru masuk," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved