Breaking News:

Legenda Sepak Bola Belanda Kena Kanker Paru-paru

Ia berhenti merokok setelah dua kali menjalani operasi bypass pada 1991.

zimbio.com
Johan Cruyff 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, AMSTERDAM - Legenda sepak bola Belanda Johan Cruyff, didiagnosa menderita kanker paru-paru.

Demikian menurut tim manajemennya pada Kamis (22/10/2015), ketika pesan-pesan untuk mendukungnya terus berdatangan.

"Pada beberapa pekan terakhir Johan Ctuyff menjalani tes medis di rumah sakit Barcelona. Ia didiagnosa menderita kanker paru-paru," kata Carol Thate dalam pernyataannya.

"Untuk menghormati privasi Johan serta keluarganya dan karena belum selesainya tes, tak ada informasi lebih lanjut yang akan diberikan untuk fase ini," tambah Thate.

Cruyff, yang menjadi kapten Belanda saat mereka melaju ke final Piala Dunia 1974 dan merupakan salah satu pendiri filosofi total football, telah keluar-masuk rumah sakit selama beberapa pekan terakhir karena masalah kesehatan.

Sepanjang kariernya sebagai pemain internasional Belanda, Cruyff yang operan-operannya dan penerapan taktiknya sering membuat para lawan kebingungan, mengoleksi 33 gol sebelum pensiun pada 1977.

Pria 68 tahun ini pun tiga kali memenangi penghargaan Ballon d'Or, setara dengan pencapaian ketua UEFA saat ini Michel Platini dan mantan penyerang Belanda Marco van Basten.

Setelah itu, ia menikmati karier manajerial yang cukup sukses dengan Ajax Amsterdam dan raksasa Catalan, Barcelona, serta saat ia mengasuh Club Deportivo Guadalaraja di Meksiko.

Pada masa awal menjalani karier sebagai pelatih, Cruyff merupakan perokok berat dan sering terlihat merokok dari tepi lapangan.

Ia berhenti merokok setelah dua kali menjalani operasi bypass pada 1991.

Halaman
12
Editor: Bima Chakti Firmansyah
Sumber: Bolanews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved