Rider Vespa Jangan Khawatir Melibas Hujan, Tapi Perhatikan Bagian Ini Ya

Secara tampilan memang terlihat jarak ke tanah Vespa lebih pendek, dan ditakutkan akan mudah mengotori CVT saat melintasi genangan air

KOMPAS/AGUS SUSANTO
Pengendara mendorong sepeda motornya melewati banjir di Jalan KH Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (20/11/2014). Hujan deras menyebabkan Kali Ciliwung meluap dan membanjiri sejumlah titik di Jakarta. Kemacetan parah terjadi di sekitar lokasi banjir dan sejumlah kendaraan mogok. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JAKARTA -- Hujan mulai mengguyur berbagai daerah di Indonesia. Para pengguna sepeda motor pun harus siap-siap melintasi genangan air.

Di musim hujan seperti ini, banyak yang menanyakan apakah aman mengendarai skuter Vespa, karena jarak CVT lebih pendek ke tanah dibanding motor matik lainnya.


Kompas.Com/Roderick Adrian Moses
Ilustrasi Vespa Sprint 150 3V ie

 Yudhi Iriswanto, Training Manager PT Piaggio Indonesia (PID), menepis kekhawatiran Vespa tak mampu melintasi hujan.

"Pengguna skuter Vespa tak perlu khawatir menggunakan motornya saat musim hujan. Secara tampilan memang terlihat jarak ke tanah Vespa lebih pendek, dan ditakutkan akan mudah mengotori CVT saat melintasi genangan air, tapi aslinya tidak kok, cukup tinggi," ucap Yudhi sat dihubungi Otomania, Selasa (10/11/2015).

Menurut Yudhi, efek yang membuat Vespa terlihat pendek hanya karena faktor standar tengah, karena posisinya terlihat rendah.

Meski demikian tetap harus memperhatikan beberapa terkait berkendara di posisi hujan.

Yudhi meminta pengendara Vespa tetap harus memperhatikan lubang pernapasan CVT di bagian bawah ketika melintas di genangan air.

"Intinya sama dengan motor matik lain, bila air masuk ke lubang CVT maka kopling bisa slip. Jadi usahakan untuk mengindari genangan air yang terlalu tinggi," ujarnya.


Otomania/Stanly
Box CVT Vespa

 Untuk masalah perawatan eksterior, Vespa lebih unggul karena bodinya sudah terlindungi dengan lapisan anti karat seperti mobil.

Namun demikian, ketika terkena air hujan baiknya Vespa segera dibilas dengan air biasa.

"Lapisan bodi Vespa memang sudah dikasih anti karat, tapi kalau terkena air hujan dengan kandungan zat tertentu cat bisa kusam. Baiknya, sampai di rumah jangan langsung dilap kering tapi di disiram dengan air biasa untuk menetralisir air hujan tadi," kata Yudhi. (OTOMANIA/Stanly Ravel)

Editor: Vovo Susatio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved