Breaking News:

Peninggalan Peternakan Sapi Milik Pak Harto, Lahannya Luas dan Sapinya Juga Banyak

"Dulu itu di masih ada perkebunan cokelat."

Penulis: Vivi Febrianti
Editor: Suut Amdani
TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti
Peternakan sapi peninggalan Presiden RI kedua, Soeharto di Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Vivi Febrianti

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAMAN SARI - Warga Bogor belum banyak yang tahu, kalau di Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, ada peternakan sapi peninggalan Presiden RI kedua, Soeharto.

Peternakan yang luasnya berhektar-hektar ini, berada di kaki Gunung Salak, dan dihuni oleh puluhan sapi dengan berbagai ukuran.

"Iya ini peternakan sapi punyanya Pak Harto, orang sini sudah tahu semua. Peternakan ini juga nyambung ke villanya di atas sana, cuma udah nggak keurus," ujar warga yang tinggal di daerah sekitar, Pitra Arum kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (9/2-2016).

Bahkan, kata dia, beberapa tahun yang lalu juga, putra Soeharto yakni Tommy Soeharto, sempat tinggal di villa tersebut untuk waktu yang cukup lama.

"Dulu kata warga sekitar, villa itu pernah dihuni juga Tommy Soeharto," tambahnya.

Dia juga mengatakan, kondisi di sepanjang peternakan itu saat sudah berubah drastis dengan dua tahun yang lalu.

"Dulu itu di masih ada perkebunan cokelat, karna nggak keurus, akhirnya diurus dan dijadiin hak milik oleh warga sekitar dan ditanami singkong," kata dia.


TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti

Pitra juga menjelaskan, warga sekitar mengambil alih perkebunan karena dulu pata pekerja kebun itu merupakan orang kepercayaan Soeharto.

"Setelah orang kepercayaannya itu meninggal, diturunin ke anaknya. Setelah perkebunan itu bangkrut, akhirnya dijadikan hak milik oleh warga," kata dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved