Breaking News:

Ini Dia Tempat Wisata Edukasi di Bogor, Lihat Proses Pembuatan Kain Sutera Mulai dari Ulatnya

Pengunjung yang datang ke Rumah Sutera ini, akan diajak melihat semua prosesnya

Penulis: Vivi Febrianti
Editor: Bima Chakti Firmansyah
TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti
Pekerja memperlihatkan ulat sutera di Rumah Sutera yang berlokasi di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Vivi Febrianti

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAMANSARI - Bagi Anda yang sedang mencari wisata edukasi yang asyik untuk anak-anak, Rumah Sutera yang berada di Bogor ini bisa jadi pilihan.

Rumah Sutera yang berlokasi di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ini memberikan informasi mengenai bagaimana proses pembuatan kain sutera mulai dari ulatnya.

"Semua prosesnya di sini, dari telur kemudian jadi ulat muda, ulat dewasa, kokon atau kepompong, hingga pupa sempurna," kata bagian administrasi Rumah Sutera, Neneng Agriani, kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (10/2/2016).


TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti

Setelah berbentuk kokon, maka sudah siap dipintal dan ditenun di Rumah Sutera hingga jadi kain siap pakai.

"Untuk motif batik, kami kerjasama dengan Galery Batik di Cirebon," kata dia.

Pengunjung yang datang ke Rumah Sutera ini, akan diajak melihat semua prosesnya mulai dari perkebunan tanaman murbei yang merupakan makanan ulat, hingga proses tenun.

"Ada guidenya juga yang akan memandu pengunjung, dan menjelaskan satu persatu prosesnya," ujarnya.

Setelah melihat proses ulat hingga menjadi kain, pengunjung akan diajak mengunjungi galery untuk melihat hasilnya yang sudah jadi, mulai dari kain, kerudung, syal, selendang, hingga baju siap pakai.


TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti

"Untuk biaya kunjungan, kami sediakan paket. Ada paket tour dan makan siang Rp 75 per orang, paket tour dan snack Rp 45 ribu, dan paket tour saja Rp 20 ribu," jelasnya.

Rumah Sutera ini buka sejak pukul 09.00-15.00 WIB, setiap Senin-Sabtu.

Untuk kunjungan wisata secara rombongan, harus booking dari jauh-jauh hari.


TribunnewsBogor.com/Vivi Febrianti

"Jumlahnya minimal 30 sampai 150 orang maksimal, karena kita jaga jangan sampai ulatnya stress kalau terlalu banyak kunjungan," tandasnya.

Untuk menuju ke Rumah Sutera ini, dari Terminal Baranangsiang atau Stasiun Bogor, masuk ke arah Ciapus, lurus terus hingga menemukan Jalan Raya Ciapus.

Setelah pertigaan Polsek Tamansari, ambil kanan lurus terus ke arah Highland Park Resort, letaknya ada di sebelah kanan jalan, tepat di seberang Bakso Mas Pri.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved