Begini Cara Menggoreng Sayuran yang Lebih Sehat dan Bebas Kolesterol

Sayuran, termasuk kentang yang digoreng diklaim mengandung manfaat sehat.

Begini Cara Menggoreng Sayuran yang Lebih Sehat dan Bebas Kolesterol
Veggiecook
ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Jenis olahan makanan yang digoreng umumnya dikaitkan dengan jenis asupan yang tidak sehat.

Namun, ternyata sayuran yang digoreng bermanfaat untuk kesehatan. Benarkah?

Sayuran, termasuk kentang yang digoreng diklaim mengandung manfaat sehat.

Setidaknya, itulah kesimpulan yang dihasilkan dalam sebuah studi penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Food Chemistry.

Para peneliti menemukan bahwa kandungan antioksidan pada sayuran yang digoreng seperti kentang, labu, tomat, dan terong yang digoreng jauh lebih tinggi ketimbang bila sayuran tersebut ditumis atau rebus.

Ahli gizi pun merekomendasikan penambahan sumber lemak untuk sayuran, misalnya dengan mengolah sayuran bersama minyak zaitun atau memilih full-fat salad dressing ketimbang varian yang bebas lemak untuk memudahkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E, dan K.
Sehingga menggoreng tidak selalu buruk bagi kandungan nutrisi dalam makanan. Tapi, benarkah sayuran yang digoreng lebih kaya antioksidan?

"Hanya saja, gorenglah sayuran dalam minyak yang sehat, seperti extra virgin olive oil (evoo). Sebab senyawa antioksidan yang disebut fenol dalam minyak akan ditransfer ke sayuran," kata Frances Largeman-Roth , RD, penulis Eating in Color, menanggapi penelitian tersebut.

Dengan kata lain, membiarkan beberapa jenis sayuran untuk "mandi" minyak hangat dalam pinggan tidak hanya bisa membuat nutrisi di dalam sayuran lebih mudah diserap tubuh, namun benar-benar membuat sayuran mengandung lebih banyak nutrisi.

Meski begitu, peneliti belum menemukan apakah makanan lainnya seperti seperti ayam atau udang goreng akan menyerap fenol saat digoreng.

Largeman-Roth berspekulasi, bahwa makanan tersebut memiliki kandungan air yang lebih rendah dari sayuran, sehingga hanya sedikit kemungkinan untuk menyerap zat baik dalam minyak zaitun.

Halaman
12
Editor: Bima Chakti Firmansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved