Breaking News:

Gerhana Matahari 2016

Shalat Gerhana Dipusatkan di Masjid Raya Bogor

Pelaksanaan Shalat Gerhana dimulai pukul 06.30 WIB.

Youtube
Gerhana Matahari 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Ardhi Sanjaya

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Shalat gerhana matahari di Kota Bogor akan dipusatkan di Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Rabu (9/3/2016).

Walau tidak ada spot untuk melihat langsung fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor tetap melangsungkan shalat gerhana.

"Sesuai dengan isntruksi dari majelis ulama dan Departemen Agama, dianjurkan untuk melaksanakan salat, untuk Kota Bogor di Masjid Raya, pukul 06.30 WIB," kata Ketua MUI Kota Bogor, KH Adam Ibrahim, saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin (7/3/2016).

Pelaksanaan salat ini sudah diumumkan pada Minggu malam (6/3/2016).

"Yang lain juga melaksanakan, tadi malam sudah diumumkan di pembukaan MTQ," ujarnya.

Sementara itu Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI mengeluarkan siaran pers terkait pelaksanaan waktu shalat gerhana.

Dikutip dari laman kemenag.go.id, Minggu (6/3/2016), untuk menyambut fenomena alam yang akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016.

Dalam siaran pers yang ditandatangani oleh Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, diketahui bahwa durasi gerhana di 33 provinsi berbeda sesuai dengan perhitungan astronomis di wilayah masing-masing.

Mengacu pada data astronomis, wilayah Indonesia Bagian Barat rata-rata dapat menikmati gerhana matahari selama satu hingga dua jam.

Halaman
1234
Penulis: Ardhi Sanjaya
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved