Breaking News:

Bogor Banjir dan Longsor

Kota Bogor Siaga Darurat, BNPB Gelontorkan Rp 250 juta Dana Siap Pakai

Kami ingin efisien, kami akan undang SKPD dan camat untuk menvalidasi peruntukan dari DSP ini, supaya tepat sasaran

Penulis: Ardhi Sanjaya | Editor: Bima Chakti Firmansyah
TribunnewsBogor.com/Ardhi Sanjaya
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Deding Ishak bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat penyerahan Dana Siap Pakai (DSP) di Balaikota, Rabu (16/3/2016). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Ardhi Sanjaya

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, mencatat ada 600 rumah yang berstatus rawan longsor dan harus segera direlokasi.

Untuk itu Kota Bogor berstatus siaga darurat selama enam bulan.

Menanggapi hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gelontorkan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp. 250 juta.

"Status tersebut sudah ditetapkan dalam SK Wali Kota Nomor 360.45 - 51 Tahun 2016, selama enam bulan, dan mendapat perhatian dari pemerintah pusat," kata Ketua Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan, kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (17/3/2016).

Dana sebesar Rp250 juta tersebut diserahkan secara simbolik oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Deding Ishak dan perwakilan BNPB kepada pemerintah Kota Bogor, pada Rabu (16/3/2016).

Sesuai peraturan BNPB nomor 6A tahun 2011, kata Ganjar, penggunaan DSP tersebut telah diatur pengalokasiannya.


TribunnewsBogor.com/Ardhi Sanjaya
Ketua Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan

"Untuk lebih giat mensosialisasikan dan memberdayakan SDM yang ada, juga bisa dialokasikan pada upaya evakuasi, bisa juga untuk uang lelah anggota," ujarnya.

Dana itu juga, lanjutnya, diperbolehkan untuk disalurkan dalam bentuk mobilisasi, pembelian peralatan sebagai bentuk pencegahan.

"Hanya kami ingin efisien, kami akan undang SKPD dan camat untuk menvalidasi peruntukan dari DSP ini, supaya tepat sasaran," kata Ganjar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved