Hari Pahlawan

Andi Sudirman, 'Kuncen' Katulampa Teman Setia Sungai Ciliwung

Dengan ketekunan dirinya saat menjalankan tugas, ancaman sungai Ciliwung yang mengalir ke Ibukota bisa segera ditangani.

Andi Sudirman, 'Kuncen' Katulampa Teman Setia Sungai Ciliwung
Istimewa
Andi Sudirman, penjaga posko Mercu Bendung Katulampa, Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Banyak yang tidak tahu siapa orang dibalik Mercu Bendung Katulampa yang kerap menjadi sumber informasi penting bagi warga Bogor dan Jakarta.

Dia adalah Andi Sudirman, sesosok pria berkacamata yang aktivitas sehari-harinya mengontrol dan memantau debit air sungai Ciliwung yang mengalir ke Jakarta.

Tak heran, banyak orang memanggilnya dengan sebutan 'Kuncen Katulampa'.

Peran Andi sebagai penjaga Mercu Bendung Katulampa sangatlah diperlukan, pasalnya, satu informasi yang ia sebarkan mengenai debit air dapat menyelamatkan banyak nyawa.

Seperti diketahui, bahwa bencana banjir yang beberapa kali terjadi di Jakarta tidak lepas dari besarnya debit air dari hulu sungai Ciliwung yaitu kawasan Puncak.

Saat musim penghujan, pekerjaan yang dijalani pria kelahiran 1967 ini semakin berat, lantaran setiap detiknya ia harus terus memantau debit air sungai Ciliwung.

Namun, ia tidak pernah merasa bahwa pekerjaannya itu memberatkan dirinya, justru ia merasa bangga dengan pekerjaannya itu.

"Saat musim hujan, saya 24 jam melakukan pantauan terhadap debit air di sini, saya bekerja dengan sepenuh hati, tidak pernah memandang bahwa pekerjaan ini berat, saya menjalaninya tanpa ada beban," ujar Andi Kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (10/11/2016).

Pria yang kerap memakai peci berwarna hitam ini mengaku sudah 29 tahun mengabdi sebagai penjaga Bendung Katulampa yang berlokasi di wilayah Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved