Breaking News:

BUMD di Kabupaten Bogor Sumbang PAD Paling Kecil, Ini Sebabnya

Pemkab Bogor tidak bisa menggantungkan PAD hanya dari sektor pajak saja.

Penulis: Damanhuri | Editor: Yudhi Maulana Aditama
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
diskusi bertema Outlook 2017 Evaluasi dan Proyeksi Pembangunan Kabupaten Bogor Menuju Kabupaten Termaju di Indonesia 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Damanhuri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Yuyud Wahyudi menilai kontribusi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Bogor masih jauh dari harapan.

Dari total Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor yang berjumlah Rp 2,2 triliun, lima BUMD yang berada dibawah binaan Pemkab Bogor ini hanya menyumbangkan Rp 37,5 miliar atau sekitar 1,7 persen dari total PAD Kabupaten Bogor.

"Kontribusi BUMD yang hanya 1,7 persen untuk PAD, justru PAD Kabupaten Bogor didominasi dari pajak daerah dan retribusi daerah," kata Yuyud saat diskusi publik di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Senin (19/12/2016).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Bogor itu juga menambahkan, Pemkab Bogor tidak bisa menggantungkan PAD hanya dari sektor pajak saja.

Namun, BUMD yang sudah dibentuk pun harus diberdayakan secara maksimal untuk menyumbang PAD demi mewujudkan menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia.

"Kita tidak bisa menggantungkan pendapatan hanya dari sektor pajak,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Prayoga Pertambangan dan Energi (PPE), Rajab Tampubolon mengatakan, rendahnya pemasukan PAD lantaran saat ini sejumlah proyek dinas di Kabupaten Bogor masih kurang bersinergi dengan BUMD yang ada di Kabupaten Bogor.

"Kami juga berharap agar setiap proyek pengaspalan jalan bisa bekerjasama dengan kami, ini otomatis akan bisa menyumbang PAD yang lebih baik untuk Kabupaten Bogor" tandasnya.

Dalam diskusi bertema Outlook 2017 Evaluasi dan Proyeksi Pembangunan Kabupaten Bogor Menuju Kabupaten Termaju di Indonesia ini juga dihadiri sejumlah camat serta Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi.

-------------------

Ikuti Berita Terkini Bogor !

Like Fanpage: TRIBUNnewsBogor.com

Follow Twitter: @TRIBUNnewsBogor

Instagram: @tribunbogor

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved