Breaking News:

Empat Laporan terhadap Habib Rizieq, Dugaan Penistaan Agama Sampai Dianggap Hina Hansip

Rizieq dilaporkan atas berbagai tuduhan, dari dugaan melecehkan lambang negara, dugaan penistaan agama, hingga dianggap menghina hansip.

Editor: Ardhi Sanjaya
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/1/2017). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dalam tiga bulan terakhir, setidaknya ada sejumlah laporan yang dilayangkan terhadap pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Rizieq dilaporkan atas berbagai tuduhan, dari dugaan melecehkan lambang negara, dugaan penistaan agama, hingga dianggap menghina hansip.

Beberapa kasus tersebut saat ini masih berada di tingkat penyelidikan.

1. Dugaan melecehkan Pancasila

Pada 27 Oktober 2016, putri Presiden pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, menyambangi kantor Bareskrim Polri.

Ia mengaku membawa bukti yang mengarah adanya perbuatan penodaan terhadap simbol negara oleh Rizieq, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 154 a KUHP dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 57 a juncto Pasal 68 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Sukmawati menganggap tak pantas Rizieq sebagai pimpinan ormas bermassa besar melecehkan simbol negara tersebut. Apalagi Soekarno, sang ayahanda, adalah salah seorang yang merumuskan Pancasila.

"Saya tidak terima dengan tindakan itu. Kata-katanya tidak santun, kasar dan tidak hormat," ujar Sukmawati.

"Tidak pantas apabila seorang pimpinan organisasi masyarakat bisa bicara seperti itu. Itu akan menjadi preseden buruk ke depannya. Berdampak negatif bagi generasi muda," kata dia.

Laporan tersebut kemudian dilimpahkan ke Polda Jawa Barat dan dilakukan penyelidikan di sana. Rizieq sendiri telah dimintai keterangan oleh penyelidik Polda Jawa Barat.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved