Orang yang Rutin Menerima Gaji Tiap Bulan Harus Keluarkan Zakat, Segini Besarannya

Rusli menjelaskan bahwa zakat yang dikeluarkan setiap bulan itu berbeda dengan zakat yang dibayarkan pada bulan suci Ramadhan.

Orang yang Rutin Menerima Gaji Tiap Bulan Harus Keluarkan Zakat, Segini Besarannya
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Gebyar Ramadhan dan Anugrah Zakat di PPIB. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Bagi umat Islam, hukum membayar zakat adalah wajib.

Komisioner Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan Zakat Baznas Kota Bogor, Rusli Saimun menuturkan bahwa setiap umat Islam wajib hukumya untuk menunaikan zakat.

"Sudah sangat jelas yaitu Wajib bagi siapa saja yg beragama islam, merdeka dan termasuk kedalam syarat wajib orang yang membayar zakat," ujarnya Selasa (30/5/2018) usai mengikuti kegiayan Gebyar Ramadhan dan Anugrah Zakat di PPIB.

Selain itu Rusli menambahkan bahwa dalam Rukun Islam menunaikan zakat termasuk ke dalam rukun Islam yang ketiga.

Rusli menjelaskan bahwa zakat yang dikeluarkan setiap bulan itu berbeda dengan zakat yang dibayarkan pada bulan suci Ramadhan.

"Zakat yang kita keluarkan 2,5 persen dari harta yang kita miliki atau keuntungan yang kita dapatkan ataupun peghasilan yang kita terima itu berbeda dengan zakat Fitrah," tuturnya.

Rusli menambahkan bahwa Zakat Fitrah dibayarkan pada bulan Suci Ramadha sebelum melaksanakan shalat Ied, dan zakat tersebut harus habis untuk dibagikan keapada mereka yang berhak.

Bagi umat Islam yang menerima gaji setiap bulannya jika dia sudah memenuhi syarat membayar zakat maka orang tersebut diharuskan membayar zakat.

"Bagi karyawan atau pegawai yang menerima gaji Rp 2 juta, itu 2,5 persennya ada zakat yang harus dikeluarkan," ucapnya.

Rusli menambahkan bahwa manfaat zakat sangat banyak bagi yang memberi zakat ataupun yang menerima zakat.

Karena dari penjelasannya dengan membayar zakat setiap orang biaa membersihakan dan mensucikan harta yang didapatkannya secara halal.

"Iya selain mendapatkan banyak pahala dan membersihkan harta si pemberi zakat, zakat juga bermanfaat untuk membantu mereka yang membutuhkan membantu untuk mensejahterakan masyatakat yang kurag mampu," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved