Breaking News:

Terminal Baranangsiang Bogor Sepi Pemudik, Bus AKAP Dipenuhi Wisatawan

Terminal Baranangsiang hanya menjadi terminal alternatif saat mudik lebaran bagi masyarakat di luar Kota Bogor yang telah kehabisan tiket

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Terminal Baranangsiang Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Pasca lebaran, Terminal Baranangsiang masih dipenuhi para penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang hendak pergi ke luar Kota Bogor.

Jumlah penumpang bus AKAP yang biasanya mengalami peningkatan secara signifikan saat arus balik lebaran justru tidak terjadi di terminal tipe A itu.

Menurut Kepala Pengawas Terminal Baranangsiang, Iwan Kurniawan, jumlah penumpang bus AKAP saat arus balik lebaran didominasi penumpang bus yang hendak pergi ke luar Kota Bogor.

"Di Terminal Baranangsiang justru terbalik, artinya, jumlah penumpang bus AKAP yang datang ke Kota Bogor lebih sedikit dari jumlah penumpang yang berangkat ke luar Kota Bogor setelah lebaran ini," ujar Iwan kepada TribunnewsBogor.com, Senin (3/6/2017).

Iwan menuturkan bahwa, hal tersebut terjadi lantaran masih banyak masyarakat yang hendak pergi ke luar Kota untuk berlibur atau pulang ke kampung halamannya selama libur sekolah belum berakhir.

"Iya jadi kebanyakan yang berangkat ke luar Kota itu untuk berwisata seperti ke Jogja, kemudian juga biasanya yang sebelumnya berangkat mudik dari Terminal Baranangsiang, pulangnya belum tentu turun di sini juga, bisa saja di pool bus atau tempat lainnya," jelasnya.

Di sisi lain, Iwan pun mengatakan bahwa, Terminal Baranangsiang hanya menjadi terminal alternatif saat mudik lebaran bagi masyarakat di luar Kota Bogor yang telah kehabisan tiket bus di Kotanya masing-masing.

"Misal yang dari Cibinong, Sukabumi, itu mereka naiknya dari Terminal Baranangsiang, karena mungkin tidak kebagian tiket di lokasinya masing-masing, jadi tidak heran disaat arus balik tidak begitu terlihat adanya lonjakan penumpang bus yang datang," paparnya.

Adapun jumlah jumlah penumpang bus AKAP yang datang ke Kota Bogor sejak tanggal 26 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017 berjumlah 31.258 penumpang.

Sementara jumlah penumpang bus AKAP yang hendak pergi ke luar Kota Bogor sejak tanggal 26 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017 berjumlah 38.418.

"Data jumlah penumpang bus baik yang datang maupun pergi pasca lebaran masih akan dihitung sampai tanggal 11 Juli 2017 mendatang," tutup Iwan.

Sementara itu, seorang penumpang bus AKAP Enah (60) menuturkan bahwa dirinya hendak pergi ke Daerah di Jawa untuk berlibur disaat sebagian orang kembali ke Kota asalnya.

"Mau nganter cucu liburan di Jawa, ke kakaknya, soalnya masih libur sekolah, emang sengaja baru berangkat sekarang, jadi kemungkinan kena macet total kecil, karena kan sekarang orang-orang justru pada pulang ke kotanya masing-masing," ungkapnya kepada TribunnewsBogor.com.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved