Usai Lakukan Riset di Purwakarta, Akademisi UI Soroti Pariwisata Pedesaan di Kabupaten Bogor

konsep pengembangan kawasan wisata pedesaan yang mungkin bisa diterapkan di Kabupaten Bogor.

Usai Lakukan Riset di Purwakarta, Akademisi UI Soroti Pariwisata Pedesaan di Kabupaten Bogor
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
Diskusi pengembangan wisata yang ada di Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Damanhuri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Sejumlah peneliti dari Universitas Indonesia (UI) melakukan diskusi terkait pengembangan wisata yang ada di Kabupaten Bogor.

Kepala Prodi Pariwisata program Vokasi UI, Jajang Gunawidjaja mengatakan, pihaknya sudah melakukan riset dan penelitian disejumlah daerah terkait konsep pengembangan kawasan wisata pedesaan yang mungkin bisa diterapkan di Kabupaten Bogor.

"Sekitar empat tahun kami melakukan penelitian di daerah Purwakarta dan Bangka Belitung, ternyata program ini bisa berjalan sukses untuk pengembangan pariwisata disana," tuturnya usai melakukan sosialisasi pariwisata di aula Kantor Bappeda Kabupaten Bogor, Selasa (11/7/2017).

Menurutnya, Kabupaten Bogor punya potensi wisata yang cukup bagus selain dikawasan Puncak yang bisa dikembangkan menjadi wisata pedesaan dengan partisipasi warga pribumi agar perekonomian warga pun semakin baik yang berada di wilayah Barat Kabupaten Bogor.

"Seperti di daerah Pamijahan dan Leuwilang itu saya rasa sangat cocok, sehingga bisa memecah tujuan wisatawan tidka hanya di puncak saja jika datang ke bogor," kata dia.

Kendati demikian, kata dia, pengembangan kawasan wisata pedesaan tidak dilakukan asal-asalan, namun harus berpedoman sehingga konsep yang direncanakan bisa terwujud dengan baik.

"Bukan cuma wisatanya saja yang dibenahi, tapi infrastrukturnya pun menjadi bagian penting untuk pengembangan kawasan wisata," ungkapnya.

Sehingga, kata dia, diperlukan adanya sinergritas antara Dinas Pariwisata dan Dinar Pekerjaan Umum agar bisa berjalan seiringan.

"Dinas PU juga harus terima masukan dari Dinas Pariwisata semisal kondisi jalan menuju lokasi wisata itu harus seperti apa. Jadi betul-betul bisa bersinergi dengan baik konsep yang diterapkan ini," tandasnya.

Penulis: Damanhuri
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved