Breaking News:

Ternyata Bumbu Dapur Bisa Berguna Untuk Produktivitas Si Ikan Terapis

Ikan nilem tahan terhadap serangan penyakit, dan juga senang mengkonsumsi pakan alami dari kelompok ganggang yang tumbuh di perairan

Penulis: Yudhi Maulana Aditama | Editor: Yudhi Maulana Aditama
Humas IPB
Ikan Nilem 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Meski berukuran mungil, Ikan nilem bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Ikan air tawar ini biasa digunakan untuk terapi ikan atau fish theraphy.

Sudah sejak lama ikan nilem dimanfaatkan untuk dijadikan sarana terapi kesehatan melalui kaki pasien.

Ikan yang berukuran kecil ini pada mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak yang berumbai dan tanpa gigi sehingga memudahkannya untuk menghisap kulit mati, dedaunan atau pun makanannya.

Ikan nilem jugamemiliki potensi ekonomi yang baik.

Rasanya yang gurih dan enak, beberapa daerah seperti Bandung, Cianjur, Tasikmalaya dan Garut sering memanfaatkan ikan ini menjadi olahan makanan yang bernama baby fish.

Bentuknya ada yang diproduksi tinggal goreng atau ada yang sudah diberi tepung dan digoreng.

Tidak hanya itu, ikan nilem ini telah di ekspor sebagai salah satu bahan penghasil caviar (telur ikan) yang merupakan salah satu makanan mewah.

Tingginya potensi ikan nilem ini membuat Mahasiswa Institu Pertanian Bogor (IPB), Ansari Isman bersama dengan tema-temannya yaitu Cahyo Purnomo, Yurid Kushendarsyah, Puput Septiyaningsih mengembangkan inovasi budidaya ikan nilem dengan menggunakan hormon OODEV dan tepung kunyit.

Melalui ajang Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) 2017 ini mereka berinisiatif untuk mengembangkan teknologi budidaya ikan agar tersedia benih dalam jumlah dan mutu yang memadai.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved