Breaking News:

Ikan Hias ternya Bisa Dibudidaya Di Air Keruh, Begini Metodenya

karakter ikan hias yang biasanya dipelihara di air  jernih dan sering diganti air cenderung tidak terlalu menyukai air yang keruh.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Humas IPB
Budi daya ikan hias 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Potensi ikan hias di Indonesia memberi peluang usaha cukup besar mengingat dari sekitar 9 ribu jenis ikan hias di dunia, Indonesia memiliki 4 ribu jenis yang tersebar di laut maupun perairan tawar.

Dari sekitar 1.100 jenis ikan hias air tawar di dunia sebanyak 450 jenis berada di Indonesia.

Akan tetapi Indonesia baru mengisi sekitar 8,12 persen dari pasokan tanaman dan ikan hias di pasar dunia.

Ini menunjukkan pangsa pasar ikan akuakultur terutama budidaya ikan hias sangat prospektif dan memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan.

Produktivitas ikan hias selama ini masih rendah. Ikan hias sering dianggap sebagai ikan yang dipelihara dengan kepadatan rendah dengan air selalu jernih, sehingga teknologinya kini masih tradisional.

Upaya untuk meningkatkan produksi ikan hias diantaranya dengan teknologi intensif menggunakan pakan dengan jumlah dan kualitas tinggi serta dengan kepadatan tinggi. Sayangnya upaya ini menurunkan kualitas air media budidaya.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor  (FPIK IPB), Iis Diatin melakukan sebuah percobaan untuk meningkatkan produktivitas ikan hias Platydoras costatus dengan menggunakan teknologi bioflok.

Teknologi bioflok merupakan suatu metode untuk mengoptimalkan kualitas air media budidaya.

Dengan teknologi ini ikan dipelihara dalam wadah terkontrol dengan padat tebar tinggi.

Teknologi bioflok dilakukan dengan menambahkan molase pada media budidaya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved