Fakultas Kehutanan IPB Gelar Seminar Dampak Kebakaran terhadap Ekosistem Gambut

Ada puluhan proseding penelitian terkait dampak kebakaran hutan yang disampaikan dalam seminar nasional ini.

humas IPB
Seminar Nasional “Dampak Kebakaran terhadap Ekosistem Gambut 2017” 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Seminar Nasional “Dampak Kebakaran terhadap Ekosistem Gambut 2017”.

Acara ini digelar di IPB International Convention Center, Bogor (25/10).

Ketua Panitia Penyelenggara,  Prof. Dr. Yanto Santosa menyampaikan seminar nasional ini digelar dalam rangka menghimpun, menelaah dan menyamakan pemahaman tentang jenis dan intensitas dampak kebakaran terhadap kondisi fisik-kimia,biotik lahan, keanekaragaman tumbuhan dan populasi satwa liar khususnya di ekosistem gambut.

Selain itu, menggali hasil-hasil penelitian terkait dampak kebakaran terhadap ekosistem gambut sebagai dasar untuk merumuskan masukan bagi pengambil kebijakan dalam pengelolaan ekosistem gambut Indonesia.

Ada puluhan proseding penelitian terkait dampak kebakaran hutan yang disampaikan dalam seminar nasional ini.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Musdhalifah Machmud menyampaikan dampak kebakaran tahun ini sudah menurun. Hal ini, terangnya, karena adanya pendekatan kemitraan yang dilakukan kepada  masyarakat sekitar.

Ia menambahkan pencegahan yang harus dilakukan adalah sebelum terjadinya kebakaran.

Kebakaran biasa terjadi ketika musim kemarau tiba. Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah membuka hutan dengan cara murah.

Kebiasaan paling murah yang seringkali dilakukan adalah membuka hutan dengan cara membakar dengan korek api, membutuhkan waktu 5-10 menit.

Untuk itu pemerintah melakukan upaya di antaranya membentuk sistem kelembagaan masyarakat secara permanen, dan membentuk sistem kemitraan dalam pencegahan kebakaran.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved