Breaking News:

Pengamat Menilai Pemkot Bogor Masih Lemah Tegakkan Regulasi Parkir Liar

parkir liar akan terus menjadi permasalahan ketika tidak ada aturan yang rinci dan penegakan aturan yang tegas terhadap pelakunya.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
parkir liar di depan Kantor PUPR Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Maraknya parkir liar di Kota Bogor mendapat sorotan dari pengamat kebijakan publik.

Terlebih parkir liar tersebut berada di depan kantor dinas di lingkungan Pemkot Bogor.

Satu diantaranya adalah parkir dua baris di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor.

Pengamat Kebijakan Publik, Sosial dan Politik dari Universitas STKIP Muhammadiyah, Yus Fitriadi mengatakan bahwa ada tiga permasalahan yang menyebakan maraknya parkir liar di Kota Bogor.

Satu diantaranya adalah ketidaktegasan Pemerintah Kota Bogor dalam menerapkan regulasi soal larangan parkir.

"Saya berpandangan, berbagai kebijakan tata ruang sudah ada, regulasi transportasi juga sudah jelas, permasalahannya sekarang ada pada bagaimana regulasi tersebut diterjemahkan ke dalam tata kelola yang lebih rinci," katanya, Kamis (2/11/2016).

Yus menambahkan bahwa Ketika melihat ada banyak kendaraan parkir bukan pada tempatnya, ada tiga permasalahan yang perlu diselesaikan.

"kemungkinan permasalahnnya ada 3 hal, pertama Instansi atau pelaku usaha tidak memiliki tempat parkir yang menadai, hal itu terjadi karena pemerintah tidak tegas bagaimana merespon institusi tersebut terus beroperasi sementara tempt parkir tidak ada, kedua Mentalitas pemilik kendaraan, tidak terbiasa dengan aturan sehingga parkir dimana saja seenaknya, ketiga Ketidaktegasan pemerintah  terhadap pelaku parkir sembarangan, ditambah dengan lemahnya pengawasan pemerintah terhadap pengelolaan jalan raya dan transportasi," ujarnya.

Yus pun berpandangan bahwa parkir liar akan terus menjadi permasalahan ketika  tidak ada aturan yang rinci dan penegakan aturan yang tegas terhadap pelakunya.

Seperti diketahui di beberapa jalan alteri ataupun jalam protokol di Kota Bogor sering menjadi lahan parkir bagi pelaku usaha ataupun kantor dinas di lingkungan pemkot Bogor.

Jalan tersebut diantaranya adalah Jalan Pajajaran, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Sudirman, Jalan Pemuda dan Jalan Ahmad Yani.

Tidak jarang akibat parkit liar tersebut beberapa ruas jalan akan mengalami kepadatan jika pada jam sibuk.

Seperti di Jalan Pemuda yang sering terjadi kemacetan pada pagi dan sore hari.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved