Mengaku Kelelahan, Pengemudi Avanza Jadi Tersangka Kasus Kecelakaan Di Tol Cawang

Akibat kenjadian ini 13 orang mengalami luka-luka. Para korban di rawat di RS Polri Kramatjati dan RS UKI.

Mengaku Kelelahan, Pengemudi Avanza Jadi Tersangka Kasus Kecelakaan Di Tol Cawang
Kecelakaan dua mobil di Cawang, Jakarta Timur, Senin (11/12/2017). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Polisi telah menetapkan Risyanto (32) menjadi tersangka kasus kecelakaan mobil antara Toyota Avanza dan Kijang di Tol Cawang arah Cikampek.

Risyanto yang merupakan pengemudi Toyota Avanza diduga lalai dalam berkendara sehingga menyebabkan kecelakaan yang menyebabkan 13 orang luka-luka.

"Ya pertama memang tersangka. Dia sudah menabrak barrier, melaju ke sebelah kiri. Itu sudah pelanggaran," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat dikonfirmasi, Senin (11/12/2017).

Halim menambahkan, Riyanto terancam dikenakan Pasal 310 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berbunyi: "setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan."

"Iya dia karena mengakibatkan orang lain luka dan menimbulkan kerugian materil," kata Halim.

Baca: Tabrakan Mobil Di Tol Cawang arah Cikampek Subuh Tadi, Korban Bergelimpangan ke Jalan

Kecelakaan itu berawal dari mobil Toyota Avanza bernomor polisi B 2951 TFI yang melaju dari Cikampek lewat Cawang pada pukul 04.20. Setibanya di Kilometer 0,200, Risyanto hilang kendali menabrak pembatas jalan dan pindah ke jalur arah Cawang-Cikampek.

Dari arah sebaliknya, ada Toyota Kijang berpelat nomor A 1591 EM yang melaju dan terjadi tabrakan yang melibatkan kedua kendaraan tersebut.

Akibat kenjadian ini 13 orang mengalami luka-luka. Para korban di rawat di RS Polri Kramatjati dan RS UKI.

Sementara itu, pengemudi Toyota Avanza mengaku membawa kendaraannya dengan kecepatan 70 kilometer per jam saat menabrak mobil Kijang di Tol Cawang arah Cikampek.

Dia mengaku hilang kendali, karena kelelahan mengemudikan mobil seorang diri dari Pemalang, Jawa Tengah.

"Kalau menurut keterangan sopir Avanza kecepatannya 70 km/jam," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat dikonfirmasi, Senin (11/12/2017).

Halim menambahkan, pengemudi Avanza berpelat nomor B 2951 TFI itu bernama Risyanto (31). Saat itu, mobil tersebut berpenumpang sembilan orang.

"Dia (Risyanto) berangkat dari Pemalang 21.00, katanya sudah 3 kali berhenti. Dia mengaku sendiri, 'saya lelah dan capek, tahu-tahunya hilang kesadaran saya, Pak. Langsung nabrak barrier'," kata Halim.

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved