Breaking News:

Pilkada Kota Bogor 2018

Ingin Diakui Publik, Pemantau dan Lembaga Survei Harus Daftarkan Diri

pendaftaran untuk pemantau perhitungan suara sendiri sudah dibuka mulai 12 Oktober 2017 kemarin hingga 11 Juni 2018 mendatang.

TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mengimbau pemantau, lembaga survei atau jajak pendapat, dan lembaga yang mengadakan perhitungan cepat (quick count) hasil perolehan suara pada Pemilihan Wali Kota Bogor 2018 agar segera melakukan pendaftaran resmi ke KPU Kota Bogor.

Seperti diketahui bahwa pendaftaran untuk pemantau perhitungan suara sendiri sudah dibuka mulai 12 Oktober 2017 kemarin hingga 11 Juni 2018 mendatang.

Baca: Jelang Pemilihan Wali Kota Bogor 2018, Ketua DPC PAN Tunggu Pertemuan Formal dengan PBB

Sedangkan pendaftaran bagi lembaga survei dan jejak pendapat dan perhitungan cepat akan dibuka dan dilayani KPU hingga 28 Mei 2018.

Ketua KPU Kota Bogor, Undang Supriyatna, hingga saat ini belum ada satu pun calon pemantau maupun lembaga survei yang mendaftar ke KPU Kota Bogor untuk kegiatan tersebut.

Baca: Ridwan Kamil Larang Warganya Malam Tahun Baruan Di Lokasi Ini

"Ada atau tidak ada lembaga yang melakukan tiga kegiatan tersebut, tidak akan mempengaruhi kinerja KPU dalam tahapan pilwakot nantinya untuk itu bila memang ada maka harus mulai mendaftar," ujar Undang kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (13/12/2017).

Dia pun mengingatkan, jika tidak mendaftar ke KPU Kota Bogor, pemantau atau lembaga survei, dan penghitungan cepat hasil perolehan suara di Pilwalkot Bogor, tidak memiliki hak menyampaikan hasil survei, hitung cepat, dan hasil pemantauannya kepada publik.

Sebab, kata dia, prinsip lembaga survai dan lembaga yang akan menyelenggarakan quick count atau pemantau Pilwalkot Bogor sudah dingatkan untuk mendaftarkan terlebih dahulu ke KPU.

Baca: Inilah 10 Arti Tanda Lahir Di Tubuh Anda, Nomor 10 Amit-amit

"Bagi yang tidak mendaftar, tetapi melakukan kegiatan itu, ya silahkan saja. Tetapi itu sifatnya independen untuk konsumsi internal, bukan untuk konsumsi publik,” jelasnya.

Undang menambahkam bahwa, sejauh ini, persiapan KPU Kota Bogor menggelar Pilwalkot di Kota Bogor telah mencapai 60 persen.

"Untuk sementara calon perorangan KPU telah menerima dan tengah melakukan verifikasi yang selanjutnya, KPU akan menerima bakal calon dari partai yang mulai di buka pada Januari 2018," tandasnya.(*)

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved