Kenalkan Peduli Lingkungan Sejak Dini, PT Indocement Luncurkan Buku Berjudul Bakti Bagi Bumi

Program ini bertujuan untuk menjadikan sekolah-sekolah memiliki wawasan terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Kenalkan Peduli Lingkungan Sejak Dini, PT Indocement Luncurkan Buku Berjudul Bakti Bagi Bumi
Istimewa
Bedah buku PT Indocement 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Damanhuri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CITEUREUP - Kepedulian terhadap lingkungan hidup menjadi tugas semua element masyarakat demi kelangsungan hidup dimasa depan.

Direktur Eksekutif Indocement, Kuky Permana mengatakan, peluncuran buku yang berjudul Bakti Bagi Bumi ini merupakan program kepedulian terhadap lingkungan untuk ditularkan kepada para siswa disekolah-sekolah.

Ia melanjutkan, program Adiwiyata merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk menjadikan sekolah-sekolah memiliki wawasan terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Menurutnya, kepedulian terhadap lingkungan hidup harus dipupuk sejak usia dini.

“Kami berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ketahanan lingkungan sejak usia dini. Salah satunya dengan berupaya terus menerus mendorong pelaksanaan Program Adiwiyata di sekolah-sekolah di desa-desa yang berada di sekitar wilayah operasi Indocement," ujarnya saat menggelar acara bedah buku Bakti Bagi Bumi di aula SMP Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Kamis (18/01/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam setiap pencapaiannya sekolah Adiwiyata harus melalui pemenuhan berbagai kriteria seperti kesesuaian program dengan standar yang sudah ditentukan, konsistensi program, partisipatif dari perangkat sekolah hingga dukungan dari pemerintah.

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya telah berhasil mendorong pencapaian tiga sekolah dalam meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional yakni SMP Bantarjati yang berloksi di Kabupaten Bogor, SMPN 1 Gempol di Kabupaten Cirebon dan SMA Tarjun di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Menurutnya, pengaplikasian program Adiwiyata diwujudkan dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup seperti penanaman pohon di wilayah sekolah, pemanfaatan nilai ekonomis dari penanaman buah dan sayur-sayuran, pemanfaatan resapan air hujan melalui lubang biopori dan pengelolaan sampah hingga menjadi pupuk Kompos yang memiliki nilai ekonomis.

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya juga mendorong pelestarian lingkungan kepada masyarakat umum di desa mitra melalui pelaksanaan program-program pelestarian lingkungan hidup lainnya yaitu Program Kampung iklim (Proklim) dan Kampung Ramah Lingkungan (KRL).

"Kami ingin kelestarian lingkungan tetap terjaga karena untuk menjaga keberlanjutan generasi penerus negeri ini," tukasnya.

Penulis: Damanhuri
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved