Breaking News:

Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon

Tak Hanya Sholat, Jalankan Juga Ibadah Ini Ketika Gerhana Bulan Mulai Tampak

Di Kota Bogor, seluruh masjid rencananya akan melaksanakan Sholat Gerhana.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Youtube
Gerhana Bulan Total 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Gerhana bulan Super Blue Blood Moon diprediksi akan terjadi pada malam nanti, Rabu (31/1/2018).

Di Kota Bogor, seluruh masjid rencananya akan melaksanakan Sholat Gerhana.

Pengasuh Majelis Ilmu dan Dzikir Ar - Raudhah Habib Novel Alaydrus mengatakan bahwa dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah.

"Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang, jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah salat dan bersedekahlah," katanya.

Selain itu Habib Novel menjelaskan bahwa Kaum Muslimin dan Muslimah bisa mengumandangkan Gema Takbir,  menyeru Salat berjama'ah dengan lafadz 'Asholatu Jami'ah'.

Sholat Gerhana Bulan dengan dua rakaat, setiap rakaat 2 kali ruku, 2 kali baca Al-Fatihah dan Surah Pilihan, dan 2 kali suju.

Khotib berkhutbah gerhana dengan Tema Gerhana sebagai Kebesaran dan Kekuasaan Allah, memperbanyak Takbir, Tahlil, Tahmid, dan Istighfar.

"Selain itu juga bisa melakukan mengumpulkan dan membagikan sodaqoh, mengumandangkan Gema Takbir hingga gerhana nampak terbuka bersih bersinar kembali, bersyukur kepada Allah, setelah Gerhana kembali terbuka bercahaya," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved