Datang ke Lokasi Longsor Puncak, Panglima TNI Siapkan 30 Ribu Pohon Untuk Mitigasi

di kawasan tersebut harus ada penanaman pohon sebagai upaya mitigasi atau mengurangi risiko dampak bencana.

Datang ke Lokasi Longsor Puncak, Panglima TNI Siapkan 30 Ribu Pohon Untuk Mitigasi
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzi
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama jajarannya kunjungi lokasi longsor di kawasan Puncak Bogor, Sabtu (10/2/2018).

Dalam kunjungannya itu ia mengatakan bahwa di kawasan tersebut harus ada penanaman pohon sebagai upaya mitigasi atau mengurangi risiko dampak bencana.

"Ya kita melihat, setelah saya mendengarkan laporan dari Danrem bahwa memang harus ada Mitigasi. Mitigasi diantaranya penanaman pohon di bukit-bukit ini paling tidak pohon akar wangi, paling tidak, tidak akan terjadi seperti yang kita lihat hari ini (longsor)," ujar Hadi Sabtu (10/2/2018).

Selain itu ia juga mengatakan bahwa para pedagang yang ada di sekitarnya juga akan dicarikan tempat lain untuk dirapikan.

Namun sebelum melakukan hal itu, ia menuturkan bahwa pihaknya harus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat terlebih dahulu.

"Nanti akan koordinasi kita dengan Pemda, kita tidak bisa melakukan penggusuran, Pemda yang melakukan, cuma kita memberikan saran kepada Pemda karena kita harus menjaga lingkungan sama-sama, dan mereka (pedagang) pun juga mencari nafkah," katanya

Ia mengatakan bahwa nanti Pemda juga akan memberikan solusi bagaimana caranya para pedagang bisa tetap mencari nafkah namun lingkungan sekitar juga bisa terjaga.

Selain itu, untuk mitigasi tersebut pihaknya juga sudah menyiapkan 30 ribu pohon siap tanam.

"Untuk mitigasi, itu yang harus kita laksanakan segera, kita sudah mendatangkan kemarin 30 ribu pohon, itu nanti akarnya bisa langsung tanam di seluruh wilayah, mengikat tanah, di tebing-tebing, terutama di tebing-tebing," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved