Breaking News:

Tingkatkan Ilmu Peternak, IPB Gelar Workshop Konsolidasi Sekolah Peternakan Rakyat

konsep SPR 1111 yang telah dikembangkan IPB sejak awal 2013 di Indonesia merupakan bentuk konsolidasi ratusan peternak

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Pekerja memberi makan sapi dengan ampas tahu di Peternakan Sapi Rakyat di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (13/1/2015). Setiap hari, peternakan yang memiliki sekitar 20 sapi tersebut mampu menghasilkan kurang lebih 200 liter susu yang langsung diserap pelanggan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Fakultas Peternakan (Fapet) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Workshop Konsolidasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga.

Workshop digelar beberapa waktu lalu dengan menghadirkan pembicara Ketua Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI, Prof Dr Mien Achmad Rifai.

Mien Achmad menyampaikan konsep SPR 1111 yang telah dikembangkan IPB sejak awal 2013 di Indonesia merupakan bentuk konsolidasi ratusan peternak di setiap lokasi SPR dengan skala kepemilikan 2-3 ekor sapi pedaging per peternak, hingga tercatat minimal seribu ekor sapi indukan.

Jumlah ini, terangnya, dapat dipenuhi dalam satu desa atau lebih.

Baca: Undang Mantan Ke Pernikahan, Ini Yang Terjadi Pada Si Pengantin Wanita

"IPB dengan sumberdaya manusia dan Iptek-nya meningkatkan wawasan, pola manajemen dan bisnisnya, serta keterampilan beternak bagi peternak di SPR tersebut, sehingga terbentuk mental peternak yang tangguh, bersatu, militan dalam berbisnis secara kolektif berjamaah," ujar Prof Mien Achmad.

Untuk itu, Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI memberi perhatian melalui penyelenggaraan Konsolidasi Pengembangan SPR dengan tema.

"Konsolidasi Peningkatan Kapasitas Peternak Rakyat,". 

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih siap, khususnya dalam rangka mencerdaskan para peternak yang umumnya berpendidikan menengah ke bawah.

Acara konsolidasi ini merupakan salah satu rangkaian berbagai kegiatan AIPI, yang dilakukan setiap tahun bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga serta Organisasi Ilmiah dalam kerangka Public Outreach dan Science Literacy.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved