Selama 22 Tahun, Tohir Tak Bosan Ajak Anak Jalanan Rubah Gaya Hidup

Selama kurang lebih 22 tahun Tohir mengurusi permasalahan sosial terkait anak jalanan yang mengamen di Kota Bogor

TribunnewsBogor.com/Aris Prasetyo Febri
Ketua Yayasan KPJ Bogor, Tohir (dua dari kanan) setelah tampil bersama anggota KPJ Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Aris Prasetyo Febri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Mengubah kebiasaan seseorang memang lah tidak mudah, perlu proses bertahap yang dilakukan secara berkesinambungan.

Itulah hal yang dilakukan Tohir, Ketua Yayasan Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) Kota Bogor, untuk membuat kehidupan anak-anak jalanan menjadi lebih baik.

Selama kurang lebih 22 tahun Tohir mengurusi permasalahan sosial terkait anak jalanan yang mengamen di Kota Bogor bersama dengan sejumlah rekannya.

"Tapi baru dua tahun belakangan ini kegiatan kami semakin beragam, sejak tahun 2016 saya mengemban tugas sebagai ketua yayasan KPJ Bogor," ujar Tohir kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (23/3/2018).

Selain kegiatan yang berkaitan dengan kesenian dan budaya, Tohir mengatakan dirinya juga mengadakan pengajian bersama bagi anak-anak jalanan yang beragama Islam di setiap minggunya.

Selain pengajian aktivitas positif lainnya yang didorong Tohir untuk dilakukan oleh anggota KPJ adalah hal-hal mendasar dalam kehidupan sehari-hari, seperti mandi dan menggosok gigi.

"Minimal mengajak yang susah bangun pagi jadi belajar bangun pagi, yang susah mandi pagi sekarang belajar mandi pagi, yang biasanya enggak mau sikat gigi belajar untuk berani menjaga kebersihannya," ungkap Tohir.

Menurutnya, semua itu dilakukan untuk memotivasi anak-anak jalanan agar memiliki dasar untuk hidup sehat dan mengantisipasi jika suatu saat mereka diberikan kesempatan tampil di depan umum.

"Jadi ketika nanti ada kesempatan tampil di kafe, mall atau diundang ke istana presiden, minimal kaki udah enggak bau lagi, badan enggak bau lagi, gigi enggak kuning lagi karena udah belajar, nah itu kita mengantisipasi hal seperti itu," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Aris Prasetyo Febri
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved