Breaking News:

Longsor Puncak

Ditanam Paku Bumi, Jalur Puncak Diharapkan Bisa Kembali Dilewati Kendaraan Sebelum Lebaran 2018

Ia mengatakan bahwa dalam rangka libur panjang jalur bisa dibuka namun satu jalur.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Jalan Raya Puncak kembali ditutup karena terjadi longsor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSOGOR.COM, CIPANAS - Pasca terjadi longsor susulan di Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jalur Puncak Gunung Mas - Ciloto terpaksa ditutup sementara.

Kepala Balai Besar Pelaksanaa Jalan Nasional VI Jakarta, Atyanto Busono, mengatakan bahwa pihaknya akan mengusahakan bahwa jalur tersebut terbuka untuk kendaraan roda empat sebelum lebaran 2018.

"Lalu lintas bisa dua arah lagi sebelum lebaran lah, tapi untuk permanennya liat itu, kita pakai paku bumi, itu mungkin memakan waktu tiga bulan," ujar Atyanto saat ditemui TribunnewsBogor.com di Puncak, Kamis (29/3/2018).

Selain itu ia juga mendapat masukan dari Pemda Kabupaten Cianjur untuk mempercepat pembukaan jalur karena dikhawatirkan mengganggu aktifitaa warga terlebih tidak lama lagi akan menginjak libur panjang.

Ia mengatakan bahwa dalam rangka libur panjang jalur bisa dibuka namun satu jalur.

"Dalam rangka libur panjang bisa dibuka, meskipun kuat, kita amankan lagi setengah lajur saja yang bisa dipakai dengan catatan tidak kendaraan berat, kendaraan ringan saja, meski pun kita pantau juga," ungkapnya.

Kemudian, Danrem 061/Suryakancana, Kolonel Infantri Muhammad Hasan mengatakan bahwa pihaknya siap membuka jalur secepatnya namun belum bisa dipastikan kapan dilakukan.

Lanjut dia, pihaknya pun bersama kepolisian dan pihak lainnya harus melakukan pelaporan terlebih dahulu ke atasan masing-masing.

"Belum dipastikan, lebih cepat lebih baik, dari sisi kemanan kita siap mengadopsi apa yang disampaikan PU bahwa ini jalan aman, tapi teknisnya perlu kita atur dari bawah ke atas, ini harus keputusan bersama judulnya, bukan sepihak, dari kepolisian, PU, perhubungan, Pemda," kata Hasan.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved