Breaking News:

Wali Kota Surakarta Bawa Surat Besuk Kiamat Saat Melayat Besan Jokowi

Surat Besuk Kiamat tersebut berupa akta kematian, kartu keluarga (KK), dan kartu tanda penduduk (KTP) yang sudah berubah status.

Editor: Vivi Febrianti
(KOMPAS.com/Labib Zamani)
Peti jenazah almarhum Didit Supriyadi dimasukkan ke mobil jenazah dari rumah duka di Jalan Kutai Barat, Perum Kutai Harmony Residence 2 RT 004 RW 016, Kelurahan Sumber, menuju TPU Purwoloyo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/4/2018). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo melayat ke rumah almarhum Didit Supriyadi di Jalan Kutai Barat, Perum Kutai Harmony Residence 2 RT 004 RW 016, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/4/2018).

Pria yang akrab dipanggil Rudy itu tiba di rumah duka sekitar pukul 10.30 WIB bersamaan dengan misa pemberkatan jenazah Didit.

Rudy memakai kemeja hitam lengan pendek kombinasi putih.

Di rumah duka besan Presiden Jokowi itu, Rudy sekaligus menyerahkan surat Besuk Kiamat (Belasungkawa Kirim Akta Kematian) yang merupakan program layanan kepada masyarakat.

Surat Besuk Kiamat tersebut berupa akta kematian, kartu keluarga (KK), dan kartu tanda penduduk (KTP) yang sudah berubah status.

"Jadi, ibunya Mbak Selvi KK sudah berubah janda cerai meninggal," ungkap Rudy yang pernah mendampingi Presiden Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Surakarta.

Surat Besuk Kiamat tersebut merupakan terobosan baru Pemkot Surakarta untuk memudahkan warga dalam mengurus surat akta kematian.

Warga tidak perlu repot datang ke Balai Kota Surakarta untuk mengurus surat itu.

"Kadang akta kematian ini dipandang sebelah mata. Namun, begitu mencari, butuh baru kemudian cari. Sekarang dengan adanya program layanan ini maka kalau hari ini ada sembilan yang meninggal, maka yang kurang juga sembilan akta kematian," papar dia.

Surat Besuk Kiamat itu diserahkan secara langsung oleh lurah, camat, bahkan wakil wali kota ataupun wali kota yang pada saat itu melayat kepada pihak keluarga.

"Jadi apabila ada warga yang anggota keluarganya yang meninggal hari ini laporan ke kelurahan maka besuk sudah bisa diterbitkan dan diserahkan," jelas Rudy.

Sementara itu, jenazah Didit diberangkatkan dari rumah duka ke TPU Purwoloyo, Kelurahan Pucangsawit, Jebres, pukul 11.01 WIB, setelah misa pemberkatan jenazah selesai.

Keluarga almarhum turut mengikuti prosesi pemakaman almarhum Didit.

Terlihat menantu almarhum Didit, Gibran Rakabuming Raka, dan istrinya, Selvi Ananda; Dita Andini, Dendy Purbowo, dan kerabat Presiden Jokowi turut mengantar almarhum Didit ke peristirahatan terakhir di TPU Purwoloyo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melayat Besan Presiden Jokowi, Wali Kota Surakarta Serahkan Surat Besuk Kiamat"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved