Breaking News:

Tinggalkan Budaya Golput, Mahasiswa IPB Ikuti Electainment on Campus - Rock the Vote Indonesia

IPB berharap dengan adanya kegiatan ini timbul kesadaran akan pentingnya menggunakan hak suara dalam pemilu.

Humas IPB
gerakan Electainment on Campus - Rock the Vote Indonesia 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 tinggal menghitung hari.

Generasi muda yang merupakan ujung tombak pembangunan suatu bangsa memiliki peran besar dalam pemilihan ini.

Muncul anggapan bahwa generasi muda jaman sekarang terkenal apatis dan pragmatis karena banyaknya berita negatif tentang politik.

Dalam mengatasi masalah tersebut, sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berasal dari Jawa Barat mengikuti gerakan Electainment on Campus - Rock the Vote Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pendidikan politik, demokrasi, dan pemilihan umum (pemilu).

Electainment on Campus - Rock the Vote Indonesia merupakan sebuah gerakan independen dan tidak partisan yang digagas oleh CEPP (Center for Election and Political Party) FISIP UI (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia) untuk membentuk generasi muda yang cerdas, rasional, kritis, dan bertanggung jawab dalam berpolitik.

Acara ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa IPB akan pentingnya menggunakan suaranya dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Selain itu, diskusi dan simulasi pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) pun diselenggarakan atas bantuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat.

Electainment on Campus - Rock the Vote Indonesia dilaksanakan juga di 30 perguruan tinggi di Jawa Barat dan di 45 kampus yang ada di Indonesia.

Sebanyak 30 persen suara pemilih di Provinsi Jawa Barat merupakan generasi muda yang berusia 17-29 tahun. Angka ini sangat menggiurkan bagi partai politik untuk memenangkan pemilu.

Acara ini dilaksanakan di IPB setelah melalui pertimbangan yang cukup panjang. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Drajat Martianto.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved