Tinggal Beberapa Hari Lagi, Ini yang Bisa Dilakukan Umat Muslim untuk Menyambut Bulan Ramadhan

"Selain itu kita harus senang dengan kedatangan bulan Ramadhan, siapkan hati agar ikhlas dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan,"

Warta Kota/angga bhagya nugraha
Warga melaksanakan ibadah Tarawih pertama di bahu jalan kawasan pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu (5/6/2016). Pemerintah menetapkan bahwa awal puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada Senin (6/6/2016). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR - Beberapa hari lagi umat muslim akan menjalni ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan.

Pengasuh Majelis Ilmu dan Dzikir Ar - Raudhah, Habib Novel Alaydrus berujar, bahwa sebelum memasuki bulan suci Ramadhan umat muslim bisa saling meminta maaf dan memaafkan.

"Selain itu kita harus senang dengan kedatangan bulan Ramadhan, siapkan hati agar ikhlas dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan," ujarnya Sabtu (12/5/2018).

Selain itu Habib Novel menjelaskan bahwa sesuai sabda nabi, "man soma romadhon imanan wa ihtisaban ghufiro lahu ma taqoddama min dzanbihi wa ma ta akhoro"

"Jadi, barang siapa yang puasa Ramadhan dengan keimanan (yakin akan pahala yang didapat) dan ihtisaban (ikhlas karena Allah) maka akan diampuni dosanya yang lalu dan akan datang," katanya

Selain itu kata habib Novel, persiapan fisik juga diperlukan untuk menjalani semua kegiatan Ramadhan, di antaranya  puasa, tarawih dan membaca Al-quran serta ibadah sunah lainnya.

"Tata aturannya semuanya terletak dalam alquran yang diaplikasikan atau dicontohkan melalui sabda dan apa yang dikerjakan dan dicontohkan oleh Rasullullah," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved