Pilkada Jawa Barat 2018

Beri Bantuan Tanpa Bunga, Ridwan Kamil Akan Terapkan Ekonomi Berbasis Masjid

Untuk memberantas kemiskinan terutama di daerah seperti di Kabupaten Garut, Emil akan menggunakan sistem ekonomi berbasis masjid.

Kompas.com
Kandidat gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat diwawancarai wartawan terkait surat pencabutan dukungan oleh Partai Golkar di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (19/12/2017).(KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil, menyampaikan, masalah kemiskinan menjadi salah satu fokus untuk segera dibenahi.

Untuk memberantas kemiskinan terutama di daerah seperti di Kabupaten Garut, pria yang akrab disapa Emil itu akan menggunakan sistem ekonomi berbasis masjid.

"Saya ingin membantu Garut biar kemiskinannya selesai. Caranya adalah memberikan bantuan kredit sampai 30 juta (rupiah) tanpa bunga. Namanya kredit mesra. Basisnya di masjid," kata Emil kepada wartawan di kawasan Pasar Ceplak, Jalan Siliwangi, GarutKota, Selasa (15/05) malam.

Mantan Walikota Bandung itu menjelaskan, program tersebut, akan sangat memudahkan masyarakat. Pasalnya, warga yang berada di pelosok daerah tidak perlu jauh-jauh ke perkotaan hanya untuk meminjam uang. Warga cukup datang ke masjid di daerahnya.

Baca: Heboh Terduga Teroris di Tangerang Disebut Ganteng Oleh Ibu-ibu, Ternyata Inilah Sosoknya

 "Jadi gak usah ke bank, gak usah ke rentenir, cukup ke masjid. Nanti masjid itu kerja sama," ujarnya.

"Ini sangat memudahkan. Jadi, warga Garut di gunung, di lembah-lembah tidak perlu ke kota. Cukup ke masjid," ujar Emil menambahkan.

Selain itu, untuk memberantas kemiskinan, seandainya Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum jika seandainya terpilih memimpin Jawa Barat, akan menggulirkan program satu desa satu perusahaan.

"Kita akan bikin program satu desa satu perusahaan. Nanti ada desa peci, desa bordir, desa apa-apa. Sehingga warga desa tidak usah ke kota juga untuk bekerja. Butuh duit ke masjid, butuh kerja cukup di perusahaan desa," urainya.

Baca: Jelaskan Perbedaan JI dan JAD, Ali Imron: Kemampuan Kami Lebih Besar dari ISIS

Pria yang akrab disapa Emil itu, mengatakan ada banyak potensi di Kabupaten Garut yang seharusnya bisa mensejahterakan masyarakat. Emil menyebut setidaknya ada dua keunggulan Kabupaten Garut, salah satunya adalah sektor pariwisata.

"Garut ini saya lihat punya dua keunggulan. Satu pertanian, dua pariwisata. Cuman pariwisatanya kurang diolah," ujar Emil.

Lanjut Emil, dirinya akan lebih memaksimalkan pariwisata di Garut, salah satunya objek wisata Situ Bagendit, menjadi tempat wisata yang unggul di Jawa Barat.

"Ini komitmen saya, kalau terpilih Situ Bagendit akan saya maksimalkan, menjadi salah satu pariwisata yang hebat di Jabar," tukasnya.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved