Tampak Sederhana, Alat Ini Ternyata Bisa Ubah Sampah Menjadi Bahan Bakar Minyak

Meski hanya menggunakan alat sederhana, namun para penggiat get plastic ini bisa memanfaatkan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Tampak Sederhana, Alat Ini Ternyata Bisa Ubah Sampah Menjadi Bahan Bakar Minyak
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
alat yang dipakai pegiat di Get Plasstic mengubah sampah menjadi bahan bakar motor vespa 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Dengan menggunakan alat konvensional 'Get Plastic' atau Gerakan Tarik Plastik mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Meski hanya menggunakan alat sederhana, namun para penggiat get plastic ini bisa memanfaatkan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

Inisator Sampah Pelastik Dimas Bagus Wijanarko mengatakan bahwa alat tersebut mengubah plastik menjadi minyak dengan cara dipanaskan

"Alat ini adalah alat destilasi kering pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak, Jadi ada proses metode merubah benda padat menjadi cair dengan proses pemanasan sampai temperatur tertinggi tanpa oksigen sehingga mengubah molekul gas menjadi cair," katanya Sabtu (19/5/2018) dalam kegiatan seminar di Sempur.

Dimas menjelaskan pada prinsipnya semua pelastik bisa, hanya saja oerlu alat yang mampu menghasilkan panas 600 derajat celcius.

"Pada prinsipnya semua plastik bisa, kalau botol plastik itu memerlukan panas 600 derajat, kalah alat kita ini hanya 400 derajat," katanya.

Dimas menjelaskan bahwa perlu wakru 2 jam sampai plastik ini visa menjadi bahan bakar minyak.

"Setelah plastik mendidih mengeluarkan gelembung gas akhirnya keluar melalui  instalasi pipa dan akhirnya berubah menjadi minyak setelah melalu kondensasi atau pendinginan," katanya.

Untuk mengkampanyekan Gerakan Tarik Plastik ini direncanakan Get Plastik akan melaksanakan touring dengan menggunakan vespa sepanjang 1200 kilometer dengan menggunakan bahan bakar minyal yang diolah melalui plastik.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved