Terungkap! Pesawat Siluman Milik Israel Bisa Dikalahkan, Asal Negara-negara Arab Lakukan Ini

Salah satu ciri khas militer Israel untuk memiliki keunggulan di kawasan Timur Tengah terletak pada kekuatan udaranya.

Terungkap! Pesawat Siluman Milik Israel Bisa Dikalahkan, Asal Negara-negara Arab Lakukan Ini
F-35 Israel 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Salah satu ciri khas militer Israel untuk memiliki keunggulan di kawasan Timur Tengah terletak pada kekuatan udaranya.

Dalam Perang Arab-Israel yang pernah terjadi, yakni Perang Enam Hari (1967) dan Perang Yom Kippur (1973), militer Israel berhasil meraih kemenangan berkat keunggulan kekuatan udara yang dimiliki.

Tapi dalam Perang Enam Hari, Israel berhasil memperoleh kemenangan karena mempraktekkan peperangan secara licik (pre emptive war), yakni menyerang musuh terlebih dahulu sebelum musuh siap berperang.

Sementara dalam Perang Yom Kippur, meski secara militer Israel menang tapi secara politik, Israel sebenarnya mengalami kekalahan.

Pasalnya dalam Perang Yom Kippur, Israel sebenarnya nyaris kalah setelah mendapat serangan mendadak dari Mesir dan Suriah sehingga para petinggi Israel saling menyalahkan satu sama lain.

Perdana Menteri Israel saat itu, Golda Meir bahkan sampai mengundurkan diri akibat militer Israel nyaris dikalahkan oleh negara-negara Arab.

Pasca Perang Yom Kippur, militer Israel masih saja terus berkonflik dengan negara-negara Arab dan para pejuang kemerdekaan Palestina, yang berbasis di Libanon serta Palestina, seperti PLO, Hamas, dan Hizbullah.

Pada tahun 2006, dalam peperangan di Jalur Gaza, pasukan Israel yang bertempur secara berhadapan dengan para pejuang Hizbullah berhasil dipukul sekaligus menunjukkan bahwa militer Israel bisa dikalahkan dalam pertempuran darat yang bersifat terbuka.

Menyadari bahwa dalam pertempuran darat, pasukan Israel akan mengalami kesulitan untuk mengalahkan para musuhnya.

Israel akhirnya memutuskan untuk tetap memiliki kekuatan keunggulan udara di kawasan Timur-Tengah dengan cara membeli jet-jet tempur dari AS seperti F-15, F-16, dan F-35 A Lightning II.

Halaman
123
Editor: khairunnisa
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved