Mendagri: Data 805 Ribu KTP-el Rusak Digudang Lengkap Masih Tersimpan

Ia pun menjelaskan, pihaknya menyimpan data ratusan ribu KTP-el yang rusak seperti asal KTP-el hingga jenis kerusakannnya.

Mendagri: Data 805 Ribu KTP-el Rusak Digudang Lengkap Masih Tersimpan
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Mendagri Tjahjo Kumolo 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, KEMANG - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pastikan jumlah KTP-el rusak dari seluruh daerah yang disimpan di Gudang Penyimpanan Kemendagri berjumlah 805 ribu.

"Saya pastikan bukan jutaan jumlah seperti yang beredar belakangan di media sosial, hanya 805 ribu," ucapnya kepada awak media saat menyambangi Gudang Penyimpanan di Kemang, Kabupaten Bogor, Rabu (30/5/2018).

Ia pun menjelaskan, pihaknya menyimpan data ratusan ribu KTP-el yang rusak seperti asal KTP-el hingga jenis kerusakannnya.

"Semua data lengkap, dari daerah mana, kerusakannya apa, itu di berita acaranya ada semua, hanya belum berani dimusnahkan saja, jadi disimpan di sini saja," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa pihaknya belum memusnahkan KTP-el tersebut diantaranya karena masih tersangkut persoalan kasus KTP-el yang belum tuntas.

"Kalau dimusnahkan kemudian diminta menunjukkan barang bukti kan repot, untuk itu KTP-el ini hanya digunting saja, agar tidsk menimbulkan prasangka," jelasnya.

"Pak Dirjen jelaskan kok ngga sejak awal dipotong atau didestroy, karena takut sedang dalam proses KPK insentif memeriksa kasus e-KTP kalau ditemukan sebagai barang bukti," tandasnya.

Ia menambahkan bahwa Gudang Penyimpanan Kemendagri sendiri bukan hanya dijadikan sebagai tempat menyimoan KTP-el yang rusak saja, melainkan juga barang lainnya seprti dokumen tak terpakai, dan lain sebagainya.

"Gudang ini bukan gudang KTP saja. Ada yang di medsos bilang jutaan itu nggak mungkin," tandasnya.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved