Info Mudik 2018

Ada Perlintasan Kereta Tanpa Palang di Jalur Mudik Tol Bocimi Seksi 1, Kapolda Pastikan Aman

Lebih lanjut, Kapolres Bogor, AKBP A.M Dicky menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah mendata jadwal pemberangkatan kereta api yang melintas.

Ada Perlintasan Kereta Tanpa Palang di Jalur Mudik Tol Bocimi Seksi 1, Kapolda Pastikan Aman
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzi
Tol Bocimi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Tol Bocimi seksi 1 yang dibuka sementara untuk jalur mudik tanpa tarif itu terdapat perlintasan kereta api tanpa palang di kawasan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan bahwa hal itu cukup berbahaya bagi pengendara.

Namun pihak kepolisian, kata dia, sudah melakukan pengamanan dengan bekerja sama dengan pihak PT KAI.

"Bocimi kan masih fungsional, perambuan masih kurang, kemudian ada permasalahan perlintasan kereta api sebidang yang tanpa palang. Ini membahayakan, tapi Kapolres (Bogor) sudah berkoordinasi untuk dijaga, jadi kalau ada kereta lewat dijaga supaya aman masyarakat," kata Agung saat berlunjung ke Pospol Gadog, Jumat (8/6/2018).

Lebih lanjut, Kapolres Bogor, AKBP A.M Dicky menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah mendata jadwal pemberangkatan kereta api yang melintasi perlintasan tersebut.

Baca: Mudik Melalui Tol Bocimi Seksi 1 Ciawi - Cigombong Bisa Ditempuh Dengan Waktu 15 Menit

Sehingga, pada jadwal tertentu dipastikan patugas sudah siap berjaga-jaga di kawasan itu.

"Jadwalnya sudah kita siapkan, ada 10 waktu yang diperkirakan lewat (kereta api), ada 10 jadwal, menjelang waktu itu, kita minta KAI bersama anggota untuk berjaga, itu keluarnya perbatasan Bogor - Sukabumi," kata Dicky.

Ia juga mengatakan, ketika pemudik hendak masuk ke kawasan Sukabumi diprediksi akan terjadi perlambatan karena memasuki jalan raya biasa.

Untuk itu, kata dia, pihaknya juga bekerja sama dengan Polres Sukabumi untuk mengurai kepadatan di perbatasan Bogor - Sukabumi jika terjadi kepadatan.

"Kita sudah koordinasi dengan Polres Sukabumi Kabupaten supaya hambatan-hambatan yang menuju Sukabumi setelah Cigombong itu dikurangi sehingga bisa lebih optimal," ungkapnya.

Baca: Dirut PT KAI Sebut Sudah 19 Ribu Penumpang Diberangkat Mudik dari Stasiun Gambir

Rencananya, jalur mudik fungsional via Tol Bocimi seksi 1 ini berlaku satu arah menuju arah Sukabumi dari Bogor sampai tanggal 19 Juni 2018 kemudian dilanjut arus balik sampai tanggal 24 Juni 2018.

Dicky menghimbau kepada pengguna Tol Bocimi Seksi 1 untuk memacu kecepatan kendaraan tak lebih dari 80 km/jam dan jaga jarak aman kendaraan.

"Berlaku perkiraan sampai tanggal 19 Juni, nanti pukul 00.00 WIB kita akan putar balik untuk mengatintisipasi arus balik dari Sukabumi ke Bogor Jakarta, itu sampai tanggal 24," ungkap Dicky.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved