Pilkada Kota Bogor 2018

Plt Wali Kota Foto Acungkan Satu Jari Telunjuk, Netralitas ASN Kota Bogor Diragukan

para pejabat Pembina Kepegawaian dan seluruh ASN dapat memperhatikan peraturan yang berkaitan dengan netralitas ASN dalam Pilkada.

Plt Wali Kota Foto Acungkan Satu Jari Telunjuk, Netralitas ASN Kota Bogor Diragukan
Ist
Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Ardhi Sanjaya

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Universitas STKIP Muhammadiyah Yus Fitriadi menilai Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman telah mencederai demokrasi.

Yus menanggapi soal beredarnya foto Usmar Hariman berseragam Partai Gerindra sambil mengacungkan satu jari telunjuk.

Menurut Yus, hal tersebut telah menabrak Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan surat Kementrian Dalam Negeri tentang Pelaksaan Netralitas bagi ASN pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2018, Pemilihan Legislatif tahun 2019, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Dalam surat bernomor B/71/M.SM.00.00/2017, para pejabat Pembina Kepegawaian dan seluruh ASN dapat memperhatikan peraturan yang berkaitan dengan netralitas ASN dalam Pilkada.

Yus melanjutkan, Usmar sebagai pejabat tertinggi di Pemerintah Kota Bogor mestinya memberikan contoh yang baik bagi ASN lainnya.

"Tidak hanya mencoreng nama baik pejabat pemerintah, tapi juga mencederai demokrasi yang seharusnya berpijak pada peraturan dan pejabat pemerintah harus memberikan contoh yang baik bagi sesama ASN ataupun kepada masyarakat," jelas Yus saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Jumat (22/6/2018).

Malah akibat dari sikap Usmar pada foto, menurut Yus, netralitas ASN di Pemerintah Kota Bogor menjadi rancu.

Usmar Hariman bukan hanya menabrak Undang-undang Pemilu dan Undang-Undang ASN semata, Yus berujar Usmar juga melanggar secara etis.

"Sikap usmar melanggar uu pemilu dan uu ASN, melanggar etis juga," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ardhi Sanjaya
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved