Breaking News:

Ini Alasan Anies Baswedan Liburkan Pegawai Pemprov DKI Jakarta Saat Pilkada Serentak 27 Juni 2018

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperkirakan Keputusan Presiden (Keppres) terkait libur Pilkada akan rampung pekan depan.

Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti keputusan nasional terkait penetapan libur saat pilkada serentak 2018 berlangsung.

Sebelumnya, libur ditetapkan pada 27 Juni 2018 di 171 daerah yang melaksanakan pilkada serentak tersebut. Sedangkan keputusan untuk libur nasional belum ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Kita mengikuti keputusan nasional. Iya dong (libur) kalau semua wilayah libur, kita mengikuti keputusan Presiden," ujar Anies Baswedan, Senin (25/6/2018).

Diliburkannya Pemprov DKI Jakarta karena Anies melihat banyak pegawainya yang juga berasal dari luar daerah.

"Karena banyak juga pegawai di DKI, khususnya yang tinggalnya di wilayah di mana di situ ada pilkada, dan tentu mereka tidak boleh kehilangan hak pilihnya," kata Anies.

Pilkada Jadi Libur Nasional

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperkirakan Keputusan Presiden (Keppres) terkait libur Pilkada akan rampung pekan depan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik mengatakan, terkait libur saat Pilkada‎ yang mengusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kemendagri hanya sebatas memberikan dukungan.

Menurutnya, usulan hari libur Pilkada diketahui sudah sampai di wilayah Sekretaris Negara, sehingga Keppres nantinya bisa diselesaikan dalam waktu satu atau dua hari ke depan.

"Sudah diusulkan KPU dan telah diproses Setneg, kemungkinan satu atau dua hari akan selesai (Perpres)," ujar Akmal di Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Halaman
12
Editor: Damanhuri
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved