Breaking News:

Kritis terhadap Isu Pilkada, Mahasiswa IPB Juara 1 Debat Mahasiswa Politik

Setelah berhasil mengalahkan peserta lainnya, akhirnya delegasi IPB berhasil meraih juara pertama dalam debat ini.

Humas IPB
Mahasiswa IPB 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Prestasi membanggakan kembali diraih tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam ajang Lomba Debat Mahasiswa Politik Jawa Barat yang dilaksanakan pada 30-31 Mei 2018 silam di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Politik FISIP Universitas Padjajaran (Unpad) dan Himpunan Program Studi Ilmu Politik mengadakan Lomba Debat Mahasiswa dengan niat membangun kembali semangat positif generasi muda serta melatih mahasiswa untuk selalu kritis terhadap isu-isu dalam penyelenggaraan pemilukada khususnya di Jawa Barat.

Acara ini sangat penting khususnya bagi mahasiswa sebagai pemilih muda.

Berawal dari ketertarikan tiga  mahasiswa IPB, yaitu Laras Salsabila, Futiha Hikmatul Husna, dan Habibul Fuadi Hanif dalam mengikuti berbagi kompetisi debat, akhirnya mereka tertantang untuk mengikuti lomba Debat Politik Mahasiswa.

Baca: Quick Count Sementara Pilkada Kabupaten Bogor, Jaro-Ingrid Belum Ungguli Ade Yasin-Iwan

“Kompetisi debat politik ini sebagai wadah untuk lebih partisipasif dalam pemilihan umum, terlebih sebagai pemilih muda. Masa depan perpolitikan Indonesia berada di depan mata, entah ke arah baik atau buruk, namun optimisme berpikir sebagai sebuah bangsa harus selalu dikedepankan. Tahun-tahun politik akan segera dihadapi, tentu dengan segala gejolak politiknya,” ujar Husna.

Sebelum mengikuti lomba debat ini, seluruh peserta yang mendaftar diwajibkan untuk menulis esai kritis dan inovatif untuk demokrasi Jawa Barat yang lebih baik. Total 40-an kampus yang mendaftar diseleksi  menjadi 16 besar untuk memaparkan hasil analisisnya tentang kualitas demokrasi dan dampaknya terhadap kualitas pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan berkelanjutan.

Setelah berhasil mengalahkan peserta lainnya, akhirnya delegasi IPB berhasil meraih juara pertama dalam debat ini.

Selain itu, Habibul Fuadi Hanif berhasil menjadi Best Speaker dalam debat politik mahasiswa Jawa Barat. Juara kedua diraih oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan juara ketiga diraih oleh Universitas Islam Bandung (Unisba).

Baca: Quick Count Pilkada Kabupaten Bogor, Ade Yasin Ungguli Jaro, Begini Keriuhan di Posko Kemenangan

Habibul menambahkan,  sudah seharusnya menjadi pemuda yang peduli pada politik dan menjadi pemilih cerdas.

Sebab pemerintah dan semua aparatur negara pun telah mendedikasikan diri untuk tetap kuat dan konsisten menjaga keutuhan serta persatuan bangsa.

Senang sekali rasanya, para peserta mampu menyuarakan aspirasi untuk demokrasi yang lebih baik dan bertemu serta berdiskusi dengan pimpinan dari KPUD Jawa Barat.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved