Breaking News:

Nining Hanyut di Pelabuhan Ratu

Skenario Soal Hilangnya Selama 1,5 Tahun Terbongkar, Begini Nasib Nining di Mata Hukum

Lanjut dia, pihak kepolisian juga akan merekontruksi kejadian 1,5 tahun lalu itu untuk mengetahui detail kejadian sebenarnya.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Yudhi Maulana Aditama
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Nining Sunarsih (53) warga Kabupaten Sukabumi ditemukan masih hidup setelah 17 bulan hilang terseret ombak. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIKOLE - Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro memastikan bahwa kisah Nining Sunarsih (52) tenggelam 1,5 tahun di Pantai Palabuhan Ratu Sukabumi adalah sekenario.

Susatyo menjelaskan bahwa penyelidikan yang dilakukannya terdiri dari beberpa aspek yakni kemanusian karena Nining depresi saat ditemukan, kemudian berkembangnya cerita di luar nalar di masyarakat yang dinilai meresahkan.

Namun setelah kisah yang sulit dipahami ini terkuak, kata Susatyo, penyelidikan masih harus berlanjut karena Nining masih belum bisa dimintai keterangan.

Terlebih pada tahapan pemeriksaan selanjutnya, kata dia, adalah aspek hukum.

Terbongkar ! Polisi Ungkap Ternyata Kasus Nining Hanyut di Pelabuhan Ratu Cuma Skenario

"Apakah kemunculan (kisah tenggelamnya Nining) ini kemudian menimbulkan dampak hukum, apakah itu delik pidana, delik penipuan atau asuransi dan sebagainya, kami masih berproses," kata Susatyo saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Jumat (6/7/2018).

"Tapi apapun delik tersebut, karena itu dilaksanakan dan direncakan oleh Ibu Nining, saat ini Bu Nining tidak bisa diperiksa, masih dalam perawatan," tambah dia.

Susatyo menjelaskan bahwa pihaknya juga masih akan mendalami soal utang piutang yang dikabarkan menjadi motif pembuatan skenario tenggelamnya Nining di laut tersebut.

Kisah Warga Pemberani Tembak Terduga Teroris yang Hendak Kabur, Saya Yakin Dia Pasti ke Dokter

Lanjut dia, pihak kepolisian juga akan merekontruksi kejadian 1,5 tahun lalu itu untuk mengetahui detail kejadian sebenarnya.

"Ya itu nanti, kan masih berproses kan, kita harus merekontruksi 1,5 tahun lalu seperti apa kejadiannya, nah itu tahap berikutnya, itu nanti perkembangannya nanti kita akan sampaikan lagi," katanya.

"Tapi faktanya, sampai saat ini belum ada satu pihak pun yang melaporkan kepada kepolisian (merasa) dirugikan dengan kemunculan Ibu Nining ini," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Nining Sunarsih dikabarkan tenggelam di Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi pada Januari 2017 kemudian ditemukan selamat di pantai yang sama oleh pihak keluarga pada akhir Juni 2018.

Anisa Bahar Alami Kecelakaan, Mobilnya Ringsek Parah, Pria Ini Beberkan Fakta Lainnya !

Kisah Nining yang tenggelam 1,5 tahun kemudian kembali selamat ini pun sempat heboh. Terlebih pemikiran masyarakat cenderung ke arah mistis.

Namun akhirnya setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian, semua cerita tenggelamnya Nining di Pantai Palabuhanratu itu adalah sekenario belaka.

"Keterangan dari adiknya, dua hari sebelum hilang, dia sudah merencanakan (sekenario) itu, jadi pada saat piknik, Nining menghilang dan dilaporkan tenggelam," kata Susatyo.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved