Breaking News:

Tak Punya Buku Nikah, Polres Bogor Bantu Warga di Kampung Terisolir Bikin Akta Kelahiran Gratis

Sebab, kata dia, sebagian besar warga yang tinggal di daerah itu tidak memiliki akta nikah sebagai satu persyaratan membuat akta kelahiran.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
Istimewa
Kasat Binmas Polres Bogor, AKP Doddy Rosjadi menyerahkna akta kelahiran gratis di Kampung Mulyasari, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAMAKMUR - Polres Bogor bagikan sekitar 100 lembar akta kelahiran milik warga yang berada di kampung terisolir.

Akta kelahiran gratis itu dibagikan untuk warga di Kampung Mulyasari, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Bogor, AKP Doddy Rosjadi mengatakan, 100 buah akta kelahiran yang saat ini dibantu pengurusannya oleh jajaran kepolisian Polres Bogor dibagikan untuk warga yang bermukim di perkampungan tersebut.

Sebab, kata dia, sebagian besar warga yang tinggal di daerah itu tidak memiliki akta nikah sebagai satu persyaratan membuat akta kelahiran.

"Dilaksanakan secara kolektif oleh Bhabinkamtibmas Desa Sukamulya Brigadir Buana Adi Putra. Jadi, akta kelahiran tanpa persyaratan akta nikah mengunakan keterangan Kepala Desa Sukamulya dan Camat Sukamakmur Bin-nya Tidak Bapak namun Ibu Kandung," ujarnya dalam keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com, Sabtu (14/7/2018).

Menurutnya, pelaksanaan pembagian akta kelahiran ini pun diberikan secara gratis oleh jajaran kepolisian Polres Bogor kepada warga setempat.

"Akta kelahiran, apabila terlambat mendaftarkan, dikenakan Denda sebesar Rp 10 ribu, tapi denda tersebut dibayarkan oleh Kapolres Bogor. Akta kelahiran yang diserahkan sebanyak 100 buah," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved