Sudirman Said Ingatkan Pejabat Publik Hati-hati dengan Orang Bermasalah

Bahkan keduanya diduga mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla saat berupaya meminta saham tersebut.

Sudirman Said Ingatkan Pejabat Publik Hati-hati dengan Orang Bermasalah
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Sudirman Said 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -   Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyayangkan kehadiran pengusaha minyak Riza Chalid pada acara kuliah umum Presiden Joko Widodo di Akademi Bela Negara Partai Nasdem, beberapa waktu lalu.

"Akan baik kalau pejabat publik puncak berhati-hati menyeleksi orang orang di sekelilingnya. Karena ada pepatah 'kita adalah siapa di sekitar kita'," kata Sudirman kepada Kompas.com, Jumat (20/7/2018).

Bagi Sudirman Said, Riza Chalid adalah orang yang bermasalah secara hukum karena pernah terseret kasus 'papa minta saham'.

Kasus itu terjadi pada 2015 lalu, saat Sudirman Said yang masih menjabat menteri ESDM melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Dalam rekaman sebagai alat bukti yang turut dilaporkan, Riza bersama Novanto diduga berupaya meminta saham Freeport kepada Presiden Direktur PT Freeport Indonesia saat itu, Maroef Sjamsoeddin.

Bahkan keduanya diduga mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla saat berupaya meminta saham tersebut.

Kejaksaan Agung mencium ada upaya pemufakatan jahat dalam kasus ini.

Namun, Riza Chalid tidak pernah memenuhi panggilan Kejagung. Bahkan, Kejagung tidak mengetahui dimana keberadaan Riza saat itu.

"Bila kepada publik dipaparkan secara telanjang kedekatan pemimpin politik dengan orang-orang bermasalah, maka kepercayaan kepada lembaga politik dan pemimpin politik akan semakin turun," kata Sudirman.

Menurut Sudirman, harusnya orang-orang di sekitar Jokowi bisa menjaga agar kepala negara tidak bersinggungan dengan orang-orang yang bermasalah.

"Membersihkan lingkungan dari nama-nama bermasalah adalah bagian dari sensitifitas etika pemimpin politik. Saya khawatir dari sisi itu, politik nasional sedang mengalami degradasi tata nilai yang terus menggerus kepercayaan masyarakat pada kepemimpinan nasional," kata dia.

Foto kehadiran Riza di acara kuliah umum Jokowi yang digelar Nasdem sebelumnya viral dan ramai dibincangkan warganet.

Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari membenarkan bahwa pria dengan kumis tebal yang fotonya viral di medsos itu adalah Riza Chalid.

Menurut dia, Riza hadir sebagai tamu yang diundang langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Sumber artikel Soal Kehadiran Riza Chalid, Sudirman Said Ingatkan Pejabat Publik Hati-hati dengan Orang Bermasalah

Editor: Damanhuri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved